Cara Instal BlueStacks dengan Mudah dan Cepat

BlueStacks atau BlueStacks App Player adalah sebuah aplikasi untuk menjalankan berbagai macam aplikasi Android mulai dari game, media sosial, dan aplikasi lainya di PC atau laptop.

BlueStacks ini berfungsi sebagai Emulator sehingga aplikasi Android yang tadinya tidak bisa di install di Windows bisa dijalankan melalui BlueStacks App Player ini. Yang artinya kehadiran Bluestacks ini sangat mendukung sistem operasi mobile untuk dijalankan pada perangkat komputer. Termasuk salah satunya dalam hal bermain game.

Keterbatasan tampilan layar, kadang membatasi kenyamanan dan menurunkan skill dalam bermain game. Dengan menggunakan Bluestacks Anda bisa memanfaaatkan emulator Android untuk memainkan game Android, agar bisa menggunakan mouse dan keyboard dengan tampilan layar yang juga besar.

Perusahaan yang membuat aplikasi BlueStakcs ini bernamakan BlueStacks yang didirikan oleh Rosen Sharma pada tahun 2011. BlueStacks pertama dipublikasikan pada 11 Oktober 2011 dengan versi alpha, sedangkan versi betanya baru diluncurkan pada 27 Maret 2012.

Semakin banyak orang yang menggunakan BlueStacks karena fungsinya yang sangat memudahkan dalam mengakses aplikasi. Dan saat ini BlueStakcs menjadi emulator Android yang sangat populer.

Bluestacks bisa digunakan pada sistem operasi Windows maupun Mac. Dan merupakan aplikasi yang dapat Anda unduh secara gratis.

Fitur – Fitur BlueStacks

Pada aspek penggunaan sebagai emulator Android, Bluestacks menawarkan fitur yang tidak dimiliki smartphone Android, yakni:

  • Optimasi performa mobile gaming dengan komponen PC atau laptop.
  • Pada versi Bluestacks 4, performa diklaim 6x lebih cepat dari Samsung Galaxy S9 Plus.
  • Memiliki keymapping keyboard dan mouse yang sangat baik untuk kontrol yang sempurna di banyak mobile game, seperti PUBG Mobile, Fortnite Battle Royale Mobile, Free Fire, Mobile Legends, dan lainnya.
  • Dapat menggunakan banyak jendela program Bluestacks dengan akun Google yang berbeda-beda secara bersamaan.

Spesifikasi Minimum untuk Menggunakan BlueStacks

Bluestacks hingga saat ini, megklaim telah menyediakan sebanyak 1,5 juta aplikasi dan game Android untuk dimainkan. Kompatibilitasnya mencakup Windows 10 dan MacOS, dengan spesifikasi minimum sebagai berikut:

  • Kapasitas RAM minimum 2GB
  • Kapasitas HDD minimum 4GB
  • Sudah terinstal Dirext X 9.0 atau versi lebih tinggi
  • NET Framework 3.5 SP3 atau lebih versi tinggi

Jika PC atau laptop yang Anda pakai sudah memenuhi spesifikasi minimum di atas, maka Anda bisa menjalankan Bluestacks Android emulator tanpa adanya kendala atau pun error.

Cara Instal BlueStacks

Aplikasi Bluestacks untuk Windows dapat Anda unduh dan instal dari situs resminya melalui link: https://www.bluestacks.com/download.html.

Berkas .exe yang diunduh dari situs Bluestacks merupakan berkas installer yang kemudian akan mengunduh aplikasi versi full. Berikut merupakan langkah-langkah untuk menginstal Bluestack:

1). Buka berkas Bluestacks yang telah selesai diunduh, dimana berkas tersebut berformat .exe

2). Untuk proses instalasi default, klik ‘Install Now’, namun jika Anda ingin mengubah destinasi folder instalasi, klik ‘Customize Installation’.

3). Biarkan proses instalasi berjalan hingga selesai, lalu klik ‘Complete’.

4). Kemudian Anda akan diminta untuk melakukan login menggunakan akun Google, sebagai salah satu persyaratan menggunakan sistem operasi Android, sekaligus untuk keperluan sinkronisasi update aplikasi di berbagai perangkat yang digunakan

5). Bluestacks sudah siap untuk dijalankan. Dan untuk mulai menginstal aplikasi Android, Anda bisa menggunakan kotak pencarian yang terletak di pojok kanan atas.

Cara Menggunakan BlueStacks

Berikut merupakan cara untuk menggunakan Bluestacks:

  • Login menggunakan akun google, jika Anda belum memiliki akun google, silakan pilih Create account.
  • Masukkan alamat email beserta password akun google Anda.
  • Setelahnya, Anda akan berada pada ruang lingkup seperti playstore layaknya di android, Anda juga bisa mengunduh beberapa aplikasi yang Anda inginkan.
  • Untuk mendownload aplikasi pada BlueStacks, pada mesin pencarian ketik aplikasi apa yang ingin Anda unduh.
  • BlueStacks akan menampilkan aplikasi yang Anda cari (tampilan akan sama dengan tampilan hasil pencarian pada handphone Android
  • Pilih Open, jika Anda ingin membuka aplikasi tersebut melalui komputer.
  • Aplikasi yang Anda download akan sama tampilannya dengan tampilan handphone Android. Jika Anda klik menu home yang berada pada bawah kiri. Maka akan kembali ke menu tampilan awal.
  • Aplikasi yang telah Anda unduh akan tersimpan di My Apps.

Demikian artikel mengenai Cara Instal BlueStacks. Semoga informasi yang dimuat dalam artikel ini bermanfaat. Terima kasih.

Link download terkait

Windows