Cara Instal Aplikasi Dapodik 2021 dengan Mudah dan Cepat

Data Pokok Pendidikan atau Dapodik adalah sistem pendataan skala nasional yang terpadu, dan merupakan sumber data utama pendidikan nasional, yang merupakan bagian dari Program perancanaan pendidikan nasional dalam mewujudkan insan Indonesia yang Cerdas dan Kompetitif.

Sistem pendataan Dapodik pada tahun pelajaran 2020/2021 mengembangkan pembaruan Aplikasi Dapodik versi terbaru, yakni Aplikasi Dapodik 2021. Secara sistem, pembaruan versi 2021 ini disiapkan untuk dapat memenuhi kebutuhan pemanfaatan data di semester ganjil.

Adapun pembaruan yang paling menonjol pada versi 2021 di antaranya penggabungan aplikasi, yakni antara Dapodikdasmen dengan Dapo PAUD-Dikmas, penambahan fitur tarik data pada proses sinkronisasi untuk menurunkan perubahan data yang terjadi di server ke lokal, perubahan proses bisnis untuk perekaman GTK baru, perubahan proses bisnis untuk penambahan dan perbaikan akun GTK, penonaktifan kurikulum 2006 (KTSP), dan berbagai perbaikan dari versi sebelumnya.

Dari sekian banyak perubahan yang ada, tentunya Operator Dapodik Satuan Pendidikan wajib belajar dan wajib mempersiapkan segala sesuatunya dengan matang, agar tidak terdapat suatu kendala yang berarti. Salah satunya adalah dalam proses instalasi dan registrasi Aplikasi Dapodik Versi 2021.

Fungsi Aplikasi Dapodik

Dapodik merupakan satu – satunya acuan data yang telah digunakan oleh pihak Kemdikbud. Setiap tahunnya fungsi Dapodik terus mengalami perkembangan yang disesuaikan dengan program serta kebijakan Kemdikbud. Berikut merupakan beberapa fungsi dari Dapodik, antara lain:

1). Memberikan alokasi dana bantuan operasional sekolah sesuai dengan jumlah siswa pada suatu instansi atau sekolah terkait.

2). Memberikan alokasi kuota penerimaan tunjangan – tunjangan bagi guru yang sudah dikatakan telah memenuhi semua persyaratan yang ditetapkan.

3). Alokasi kuota penerima tunjangan – tunjangan untuk guru yang sudah memenuhi semua syarat yang ditetapkan.

4). Alokasi bantuan sarana dan prasarana bagi sekolah dimana fasilitasnya masih belum memadai.

5). Pengajuan serta upaya perbaikan data kelembagaan sekolah.

6). Pengajuan dan VerVal (Verifikasi dan Validasi) data dan Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan atau NUPTK.

7). Program pengajuan dan VerVal data bagi peserta didik (siswa) serta (NISN) nomor induk siswa nasional.

8). Pengajuan sekaligus upaya Verval data yang berkaitan dengan satuan pendidikan serta (NPSN) Nomor Pokok Sekolah Nasional.

9). Program pemetaan dan pemerataan guru.

10). Monitoring serta evaluasi tentang berbagai macam kebijakan dan program – program yang sudah ditetapkan oleh Kemdikbud.

11). Mempercepat dan membantu dalam upaya peningkatan efektivitas pelaporan yang sudah dilakukan dari sekolah menuju ke kementerian serta mengurangi adanya resiko penyimpangan atau resiko pelanggaran atas apa yang sudah ada sebelumnya.

Syarat Instalasi Aplikasi Dapodik

Terdapat beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum melakukan instal aplikasi dapodik di PC atau laptop. Pasalnya Terdapat beberapa hal agar aplikasi ini dapat dijalankan dengan baik, juga agar dapat mengurangi kesalahan dalam proses instal aplikasi Dapodik.

Berikut syarat-syarat untuk instalasi aplikasi Dapodik:

  • Pastikan Anda sudah memiliki email, password dan kode registrasi Dapodik.
  • Gunakan browser google chrome atau mozilla firefox versi terbaru (Pastikan web browser yang Anda gunakan telah ter-update).
  • Update atau nonaktifkan aplikasi antivirus di PC atau laptop Anda.
  • Copot pemasangan atau uninstall aplikasi Dapodik versi lama. Kemdian restart PC atau laptop.

Cara Instal Aplikasi Dapodik Versi 2021

Proses instal aplikasi Dapodik ini dapat memakan waktu kurang lebih 15 menit. Berikut merupakan langkah-langkah untuk melakukan instal Aplikasi Dapodik Versi 2021:

1). Unduh aplikasi Dapodik Versi 2021 pada link berikut : https/cdn-dapodik.kemdikbud.go.id/rilis/dapodik_2021.exe

2). Tunggu hingga proses unduh selesai.

3). Selanjutnya klik kanan pada file Aplikasi Dapodik Versi 2021 yang telah selesai diunduh, lalu pilih ‘Run as Administrator’.

4). Kemudian akan keluar tampilan pertama proses instalasi, klik tombol ‘Lanjut’ dan ikuti instruksi yang ada.

5). Jika proses instal Aplikasi Dapodik Versi 2020 telah selesai, maka akan keluar notifikasi dengan tombol ‘Selesai’.

6). Klik tombol ‘Selesai’ dan restart PC atau laptop yang digunakan sebelum melakukan registrasi Dapodik.

Cara Registrasi Dapodik Versi 2021

Registrasi Dapodik Versi 2021dapat dilakukan secara Online maupun Offline, berikut selengkapnya:

Registrasi Dapodik Versi 2021 Online

1). Silahkan buka Aplikasi Dapodik Versi 2021 dengan cara double klik icon Dapodik di desktop atau ketik localhost:5774 di browser.

2). Pada pilihan Jenis Registrasi pilih Online

3). Kemudian ketikan Kode Registrasi, Username / Email, dan Password. Jika semuanya sudah di isi dan dipastikan bernar, silahkan klik tombol Submit. Tunggu proses Registrasi Online sampai selesai.

Registrasi Dapodik Versi 2021 Offline

1). Download terlebih dahulu Prefill Dapodiknya dengan cara kunjungi laman ini https://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/unduhan.

2). Klik Tab Data Prefill dan pilih salah satu Provinsi, lalu akan keluar link generate Prefill.

3). Pilih salah satu link generate prefill yang tersedia kemudian akan keluar halaman generate prefill.

4). Isikan Username / Email, Password dan Kode Registrasi kemudian klik tombol gerenate dan tunggu sampai proses generate prefill selesai.

5). Jika prefill sudah di Download, Copy prefill tersebut dan letakkan pada direktori C tepatnya di folder Prefill_Dapodik.

6). Aplikasi Dapodik Versi 2021 siap untuk di registrasi.

Demikian artikel mengenai Cara Instal Aplikasi Dapodik 2021. Semoga informasi yang dimuat dalam artikel ini bermanfaat. Terima kasih.