Cara Download Minecraft untuk OS Windows

Minecraft merupakan game sandbox yang dirilis oleh Mojang pada tahun 2011 dan dibeli oleh Microsoft pada tahun 2014. Game yang memiliki pemain aktif lebih dari 100 juta ini telah memenangkan banyak penghargaan dan termasuk sebagai salah satu video game paling berpengaruh dan terhebat sepanjang masa.

Game ini akan mengajak kamu untuk menjelajahi dunia 3D yang kotak-kotak, pixel, dengan biome Minecraft yang beragam mulai dari Plains, Birch, Spruce, Nether, Crimmson Forest, Warped Forest, Soulsand Velly, dll.

Alur Permainan

Berbeda dengan game pada umumnya, game Minecraft ini tidak memiliki tujuan khusus yang harus dicapai, sehingga memungkinkan pemainnya memiliki kebebasan untuk memilih cara bermain.

Namun walau begitu, game ini memiliki sitem Achievement. Permainan ini menggunakan perspektif orang pertama secara default, tetapi sebagai pemain kamu dapat mengganti perspektif menjadi perspektif orang ketiga.

Game Minecraft ini terdiri dari objek kasar 3D berupa kubus dan cairan yang melambangkan berbagai material seperti batu, kayu, tanah, dan air.

Dunia permainan Minecraft dihasilkan secara prosedural dengan map seed yang didapat secara otomatis dari waktu pada sistem (komputer) atau secara manual dimasukkan oleh pemain.

Walau terdapat batasan gerakan vertikal baik atas dan ke bawah, namun Minecraft memiliki bidang horizontal yang tak berhingga. Game Minecraft memisahkan data menjadi beberapa bagian yang lebih kecil, disebut “chunk” yang hanya dimuat ke memori ketika pemain berada di dekatnya. Setiap chunk memiliki ukuran 1 x 1 x 1 blok.

Sebagai pemain baru, kamu akan bertemu berbagai karakter tanpa pemain (NPC) yang dikenal dengan sebutan mobs, seperti hewan, penduduk desa (villagers), dan makhluk yang tidak bersahabat. Juga passive mobs (seperti domba, sapi, ayam, dan babi) yang dapat diburu untuk mendapatkan makanan atau bahan crafting yang akan muncul pada siang hari.

Adapun hostile mobs atau mobs berbahaya (seperti Zombie, Skeleton, Spider, Creepers, Wither, dan Slime) yang akan muncul pada malam hari. Beberapa mob juga memiliki kemampuan unik seperti Creeper (mob yang dapat meledak) dan Ender Man (mob yang dapat teleportasi dan membawa block).

Game Minecraft ini menyediakan 3 jenis dunia yang dapat kamu jelajahi, yakni sebagai berikut

  1. Overworld
    Overworld merupakan dunia permainan yang akan membuat kamu sebagai pemain diajak bepertualang dan bertahan hidup.
  2. Nether
    Nether merupakan “neraka” versi Minecraft, dimana tempat Zombie Pigman, Ghast, Blaze dan Wither Skeleton berada.
  3. The End
    The End merupakan tempat dimana Enderdragon dan para Enderman berada. Setelah mengalahkan Enderdragon pemain bisa kembali ke alam semesta atau pergi ke Endcity dan Endship tempat dimana pemain mendapatkan Elytra atau semacam tambang.

Mode Permainan

Minecraft memiliki lima mode permainan yang seru dan unik, dimana masing-masing nama dari mode permainan sangat mewakili tentang apa yang ada di dalamnya.

Adapun mode permainan pada Maincraft ini yaitu Survival, Creative, Adventure, Hardcore, dan Mode Penonton, berikut penjelasannya:

1. Mode Survival

Pada mode survival ini pemain diharuskan untuk melakukan berbagai hal untuk dapat bertahan hidup. Misalnya seperti mendapatkan sumber daya alam, kayu dan batu untuk membuat block atau barang tertentu yang akan menunjang pemain untuk bertahan hidup.

Pemain dapat membuat berbagai barang di Minecraft, seperti baju pelindung yang dapat megurangi efek dari serangan, lalu senjata untuk membunuh musuh dan hewan lebih mudah.

Pemain juga dapat membuat peralatan seperti kapak, beliung, cangkul, dan sekop yang digunakan untuk menebang pohon, menambang, menggali tanah / panah dan lainnya.

Pemain juga dapat membuat tungku pembakaran untuk membakar makanan, hasil tambang dan beberapa material lainnya. Pemain bisa melakukan barter dengan villager dengan menukarkan emerald dengan barang lain seperti makanan, block, ataupun perlatan.

Pada mode ini juga terdapat Health Bar yang dapat berkurang jika terserang oleh monster, jatuh, tenggelam, jatuh ke lava, terjepit, kelaparan, dan beberapa hal lainnnya. Pemain juga memiliki Hunger Bar, mengharuskan pemain untuk makan makanan dalam game setiap beberapa saat, kecuali pada mode Peaceful.

Jika Hunger Bar berkurang penyembuhan akan berhenti dan jika sampai habis Health Bar atau kesahatan pemain akan berkurang secara perlahan. Kesahatan / Darah pemain akan bertambah jika Hunger Bar penuh atau hampir penuh.

2. Mode Creative

Pada mode creative, pemain memiliki sumber daya, nyawa, dan experience point yang tak terhingga. Pemain juga memiliki kemampuan untuk terbang.

Dalam mode ini hostile mobs juga tidak akan menyerang pemain dan juga tidak akan menyerang balik jika diserang. Dan semua block dapat diletakkan atau dihancurkan hanya dengan sekali pukul saja.

Pada mode creative ini juga terdapat menu inventory memungkinkan pemain untuk menyeret barang / block ke inventory-nya. Sehingga pemain dibebaskan untuk melakukan apapun untuk membuat kreasi, eksperimen, atau hal yang tidak masuk akal lainnya.

3. Mode Adventure

Pada mode adventure, pemain hanya dapat menghancurkan block dengan peralatan yang benar, misalnya beliung tidak dapat menghancurkan kayu, kapak tidak dapat menghancurkan tanah, dan sekop tidak menghancurkan batu.

Jadi setiap peralatan hanya akan berfungsi sesuai fungsi aslinya pada kehidupan nyata. Kecuali pada rilis 1.8 pemain tidak dapat menghancurkan block dengan peralatan atau item apapun, pemain bahkan tidak dapat melatakan block apapun kecuali memiliki NBT tag (seperti “Can be placed on ….”, atau “Can break ….”).

Hal tersebut yang membuat custom map lebih menantang, karena dengan begitu pemain tidak dapat bermain secara curang. Walaupun begitu pemain masih dapat membunuh mobs dengan peralatan / barang apapun.

Mode ini biasa digunakan untuk map custom (yaitu map yang diciptakan untuk kegunaan tertentu seperti minigame, story-telling, atau lobby server), dengan tujuan agar pemain tidak menghancurkan block secara sembarangan.

4. Mode Hardcore

Mode hardcore adalah mode survival dengan tingkat kesulitan yang lebih tinggi lagi, dan pemain juga hanya memiliki satu nyawa saja. Maka ketika pemain mati akan muncul tombol “Delete World”.

Namun, pada update 1.9 selain tombol “Delete World” ada juga tombol yang memungkinkan pemain untuk masuk ke mode Penonton untuk melihat dunianya sekali lagi.

Karena secara teknis file dunia tersebut masih tersimpan hingga pemain menekan tombol “Delete World”. Pemain juga dapat membuat mode ini lebih menantang dengan membuatnya menjadi “Ultra-Hardcore Survival” yaitu minigame dimana health bar pemain tidak akan bisa pulih secara alami.

5. Mode Spectator

Mode Spectator memungkinkan pemain untuk terbang melalui blok dan menonton permainan tanpa berinteraksi secara langsung. Pemain juga tidak memiliki inventaris, tetapi dapat berteleportasi ke pemain lain dan melihat dari perspektif pemain atau makhluk lain. Mode Spectator ini hanya dapat diakses dalam edisi Java atau PC saja.

Minecraft juga memiliki 4 tingkat kesulitan yang dapat diubah sesuai keinginan yaitu Peaceful, Easy, Normal, dan Hard. Game Minecraft juga dapat dimainkan bersama-sama atau multiplayer.

Multiplayer di Minecraft tersedia melalui multiplayer game-to-game langsung, bermain LAN, layar split lokal, dan server (host pemain dan host-bisnis). Dengan fitur ini memungkinkan banyak pemain untuk berinteraksi dan berkomunikasi satu sama lain di satu world.

Cara Download Minecraft untuk OS Windows

Berikut langkah-langkah untuk mengunduh dan install Minecraft:

1). Buka situs Minecraft di alamat https://minecraft.net/. Setelah itu, halaman utama Minecraft akan dibuka.

2). Klik Download yang tersedia di pojok kiri atas halaman. Kemudian, selanjutnya kamu akan diminta membuat akun.

3). Klik tautan “Log in” pada paragraf di bagian atas halaman, kemudian masukkan alamat surel dan kata sandi, dan klik tombol “LOG IN”. Jika kamu belum memiliki akun maka pilih “Register” dan ikuti langkah-langkahnya.

4). Klik BUY MINECRAFT yang berada di tengah halaman. Setelah itu, kamu akan ditujukan pada halaman pembelian. Game Minecraft ini dijual dengan harga 26,95 dolar Amerika Serikat (sekitar 370 ribu rupiah).

5). Selanjutnya pilih jenis pembayaran, baik menggunakan kartu kredit atau debit. Kamu juga bisa memilih “PayPal” untuk membayar melalui PayPal.

6). Geser layar dan masukkan detail pembayaran. Ketikkan nama, nomor kartu, tanggal kedaluwarsa, dan kode keamanan. Adapun untuk pembayaran melalui PayPal, kamu perlu memasukkan alamat surel dan kata sandi akun PayPal.

7). Kemudian klik PURCHASE yang terdapat di bagian bawah halaman.

8). Klik DOWNLOAD FOR WINDOWS. Setelah itu, berkas pemasangan Minecraft akan diunduh ke komputer.

9). Klik dua kali pada berkas pemasangan Minecraft. (Pada tahan ini, komputer mungkin akan memberikan peringatan bahwa berkas pemasangan dapat merusak komputer. Peringatan tersebut muncul hanya karena perangkat perusak biasanya “menyusup” ke dalam berkas-berkas seperti ini, tetapi Minecraft aman untuk dibuka).

10). Selanjutnya ikuti petunjuk pemasangan yang ditampilkan di layar.

11). Tunggu hingga proses pemasangan selesai.

12). Setelah proses pemasangan (install) selesai, kamu sudah bisa membuka dan mulai bermain game Minecraft.

Itulah Bebagai Fitur serta Cara Download Game Minecraft. Semoga informasi yang dimuat dalam artikel ini bermanfaat. Terima kasih.

Link download terkait

Windows