Cara Daftar dan Memasang Google Analytics Terbaru 2021

Bagi seorang yang menjalankan bisnis lewat situs / web tentu saja informasi terkait traffic dari situs yang mereka miliki adalah hal penting, sebagai bahan evaluasi apakah bisnis yang dijalankan berkembang pesat, stabil atau malah mengalami penurunan untuk itu perlu adanya google analytics.

Google Analytics sendiri merupakan layanan google yang akan menampilkan statistic / tingkat pengunjung dari suatu situs / website secara detail.

Dari data google analytics kamu bisa melihat data-data pengunjung secara lengkap mulai dari kata kunci hingga pengunjung masuk ke webite, lokasi pengunjung website & lamanya waktu kunjungan di website yang kamu miliki serta banyak lagi informasi yang bisa didapat dengan memanfaatkan google analytics.

Google Analytics memiliki banyak fungsi bagi seorang yang menjalankan bisnisnya secara online beberapa diantaranya:

1. Strategi Pemasaran

Adanya google analytics tentu menguntungkan pembisnis online untuk bisa mengoptimalkan strategi pemasaran berdasarkan informasi yang didapatkan dari google analytics.

Salah satu informasi yang diberikan google analytics adalah kata kunci yang dicari pengunjung, dengan begitu kamu bisa membuat promosi dengan kata kunci yang sering dicari orang di internet.

2. Kualitas Konten

Dengan adanya google analytics kamu bisa melihat minat pengunjung terhadap konten yang ada di website-mu, dengan sendirinya kamu akan terpacu mempertahankan bahkan meningkatkan kualitas konten agar bisa menarik pengunjung datang ke website yang kamu miliki serta menjaga audiens yang sudah ada.

3. Identifikasi Waktu

Bahkan data / informasi yang diberikan google analytics mencakup waktu kunjungan dari para pengunjung website, dengan begitu kamu bisa tahu kapan waktu yang tepat untuk posting konten-konten baru agar langsung diserbu peselancar internet.

Untuk mengkonsistenkan waktu postingan silahkan membuat jadwal posting konten pada website yang kamu miliki.

Itulah gambaran google analytics secara ringkas. Bila kamu seorang pembisnis professional yang mengandalkan internet sebagai ladang usahanya tentu memiliki google analytics menjadi suatu keharusan. Dan buat kamu yang baru terjun ke dunia blogging bisa mulai menerapkan google analytics ini untuk memantau perkembangan website yang sedang kamu bangun.

Syarat pertama untuk bisa daftar & memasang google analytics adalah memiliki website yang aktif dengan platform wordpress atau blogger. Adapun untuk jenis website bisa berupa blog pribadi, e-commerce, news portal, company profile dan lain sebagainya.

Jika kamu sudah memiliki website pastinya kamu juga sudah memiliki akun google, adapun langkah untuk mendaftar dan memasang google analytics adalah sebagai berikut.

Daftar Google Analytics Platform WordPress:

1). Buka situs google analytics.

2). Pilih opsi Sign In To Analytics.

3). Pada halaman login silahkan masukan alamat e-mail berikut passwordnya lalu klik Sign In.

4). Untuk mulai proses pendaftaran google analytics klik Sign Up.

5). Kamu akan diminta mengisi beberapa informasi seperti nama akun, nama website, URL website, kategori industry, serta zona waktu.

6). Pilih centang semua data sharing setting atas rekomendasi dari pihak google.

7). Kemudian pilih Get Tracking ID lalu I Accept pada halaman syarat dan ketentuan jika kamu setuju atas ketentuan tersebut.

8). Tunggu beberapa saat sampai kamu mendapatkan tracking code dari google analytics berbentuk JavaScript.

9). Pasang code JavaScript ini pada HTML website yang kamu miliki, adapun cara memasangkan kode analytics ke HTML bisa ikuti langkah-langkah dibawah ini:

Tracking Kode ke File header.php

  • Login ke akun wordpress administrator.
  • Klik Appearance > Editor pada laman dasbord wordpress yang kamu miliki.
  • Buka header.php kemudian mulai edit dengan cara masukan kode analytics yang sudah kamu miliki pada tag terakhir lalu klik Update File.
    Catatan: Ketika kamu mengubah tema website yang dimiliki tetap masukan kode analytics untuk bisa mengakses google analitycs.

Tracking Kode ke File functions.php

  • Login ke akun wordpress administrator.
  • Klik Appearance > Editor pada laman dasbord wordpress yang kamu miliki.
  • Buka functions.php dan mulai edit dengan mengubah kode tracking dengan cara salin kode analytics ke bagian bawah file functions.php pada tag sebelum tag terakhir HTML website yang kamu miliki.
  • Pilih opsi Update File.
    Catatan: Ketika kamu mengubah tema website yang dimiliki tetap masukan kode analytics untuk bisa mengakses google analitycs.

Tracking Kode Menggunakan Plugins

  • Login ke akun wordpress administrator.
  • Klik plugin pada dashboards website.
  • Cari & instal plugins Google Analytics Dashboard for WP (GADWP).
  • Jika plugin sudah berhasil diaktifkan silahkan klik Google Analytics dan pilih opsi Authorize Plugin.
  • Klik pada tulisan Dapatkan Kode Akses.
  • Pilih akun google yang akan dipasangkan google analytics kemudian Izinkan.
  • Salin kode analytics yang muncul.
  • Masukan / temple kode pada dashboard Google Analytics kemudian klik Simpan Kode Akses.

Diatas merupakan cara daftar dan memangsakan google analytics untuk website ber-platform wordpress. Jika kamu pengguna blogger tentu saja bisa memasang google analytics untuk cek statistic pada blog yang kamu miliki, adapun cara memasangkan google analytics pada platform blogger adalah sebagai berikut:

1). Login akun blogger administrator yang kamu miliki.

2). Klik menu Setting yang terdapat pada dashboard blogger kemudian pilih Other.

3). Cari tulisan Google Analytics (posisinya ada di bawah laman dashboard) silahkan klik.

4). Tempelkan kode analytics yang sudah didapatkan dari akun google analytics sebelumnya pada kolom ID Properti Web Analytics.

5). Jika kode sudah terpasang di HTML blogger kamu silahkan pilih opsi Simpan Pengaturan.

6). Tunggu minimal 1 x 24 jam agar google analytics bisa terhubung dan diakses pada blogger yang kamu miliki.

Sebetulnya jika kamu pengguna platform blogger disana sudah terdapat layanan statisticnya sendiri untuk menyajikan data & informasi dari pengunjung yang mampir ke blog kamu hanya saja jika dibandingkan dengan google analytics yang dirancang khusus untuk menampilkan data pengunjung secara detail dan rinci tentu saja memiliki tingkat keakuratan yang jauh berbeda.

Itulah informasi yang bisa kami share saat ini, semoga bisa menambah pengetahuan pembaca semua.