Cara Daftar Akun Haji Pintar

HajiPintar adalah aplikasi mobile resmi seputar haji yang dibuat oleh Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama yang memudahkan jemaan mendapatkan segala informasi terkait dengan penyelenggaraan ibadah haji. Salah satu fitur yang ada didalam aplikasi HajiPintar adalah mendaftar haji secara dalam jaringan (daring) melalui smartphone.

Jadi calon Jemaah tidak perlu lagi harus datang ke kantor Kemenag Kabupaten atau Kota untuk mendaftar haji, cukup mendaftar di aplikasi HajiPintar dan bukti pendaftaran hajinya dikirimkan dalam bentuk elektronik dengan tanda tangan elektronik pula.

Selain itu, dengan aplikasi HajiPintar calon Jemaah bisa melihat jadwal keberangkatan hingga pelaksaan ibdah haji di Tanah Suci. Melalui aplikasi HajiPintar ini calon Jemaah juga bisa mendapatkan pelayanan seputar pembinaan haji yang meliputi info manasik haji, doa-doa manasik haji dan umrah, serta jadwal lontar jumrah, layanan dalam negeri dan luar negeri, informasi BPIH, hak dan kewajiban Jemaah, dan lain sebagainya. Tentu saja aplikasi ini akan sangat memudahkan calon Jemaah haji yang ingin mendaftar.

Tahapan Setoran Awal HajiPintar

Namun sebelum melakukan pendaftaran haji melalui akun HajiPintar, calon Jemaah harus membuka rekening tabungan haji terlebih dahulu, lalu melakukan pembayaran setoran awal di bank penerima setoran biaya perjalanan ibadah haji (BPS BPIH). Berikut tahapan pembayaran setoran awal haji:

Dilansir dari depok.inews.id, tahapan pembayaran setoran awal haji adalah sebagai berikut:

1. Calon Jemaah haji membuka rekening tabungan haji, lalu melakukan pembayaran setoran awal haji kepada bank penerima setoran biaya perjalanan ibadah haji atau disingkat BPS BPIH
2. BPS BPIH adalah bank umum Syariah dan atau unit usaha Syariah yang ditunjuk oleh Kemenag sebagai bank penerima setoran awal haji
3. Setoran awal haji ini bisa dilakukan melalui counter teller bank, mobile banking, ATM dan internet banking
4. Kemudian silahkan konfirmasi melalui aplikasi haji pintar
5. Setelah itu, calon Jemaah haji melakukan konformasi pendaftaran haji pada kantor Kemenag Kabupaten atau Kota setempat melalui menu pendaftaran haji pada aplikasi HajiPintar.

Cara Daftar Akun HajiPintar

Sebenarnya untuk cara pendaftaran akun HajiPintar terbilang sangat mudah. Kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini ya.

1. Silahkan download aplikasi HajiPintar pada Play Store atau App Store hp kamu
2. Setelah aplikasi berhasil terpasang di hp kamu, bukalah aplikasi tersebut.
3. Kemudian silahkan pilih “Login” yang berada di pojok kanan bawah dari tampilan awal aplikasi HajiPintar, lalu klik “Daftar”
4. Silahkan pilih jenis pengguna (pilih Jemaah), lalu klik “Daftar”
5. Setelah itu, isilah nomor validasi dan NIK kamu sesuai dengan bukti setoran awal. Pastikan Provinsi dan Kabupaten sudah sesuai dengan domisili KTP kamu. Nah, jika data tidak sesuai, kamu bisa validasi ulang ke bank ya. Selanjutnya klik “Submit”
6. Elanjutnya silahkan isi alamat email, nomor hp, lalu buatlah password dan konfirmasi kembali password tersebut, lalu klik “Daftar”
7. Setelah berhasil maka proses registrasi akun sudah selesai
8. Selanjutnya klik menu e-pendaftaran maka akan tampil data nomor validasi
9. Klik nomor validasi tersebut untuk memulai upload dokumen persyaratan
10. Setelah itu klik “foto diri”
11. Silahkan ambil foto, lalu akan ditampilkan cara atau contoh pengambilan foto diri, jika kamu sudah memahaminya silahkan kik “Kembali” untuk kembali ke mode pengambilan foto diri
12. Sesuaikan foto di dalam frame, kemudian klik lingkaran di tengah untuk mengambil foto, lalu klik “unggah file”
13. Klik foto bukti setoran/pembayaran dari Bank (BPIH), kemudian klik ambil foto. Silahkan kamu sesuaikan foto di dalam frame, lalu klik lingkaran di tengah untuk mengambill foto. Setelah itu klik “unggah foto”
14. Setelah selesai upload dokumen persyaratan, lalu pilih status haji
15. Pilih jika belum haji
16. Lalu kirim pengajuan
17. Sampai disini pendaftaran sudah selesai. Selanjutnya silahkan menunggu sampai verifikasi dan konfirmasi dari kantor Kemenag Kabupaten atau Kota

Melakukan Pengecekan Melalui Aplikasi HajiPintar

Itulah tadi cara daftar akun haji pintar. Nah selanjutnya bagi calon Jemaah haji yang ingin melakukan pengecekan terkait dengan jadwal keberangkatan di aplikasi HajiPintar, bisa melakukan langkah-langkah berikut ini.

1. Silahkan download aplikasi HajiPintar yang ada di Google Play Store atau App Store smartphone kamu. Jika sudah silahkan buka aplikasi tersebut
2. Setelah itu, silahkan pilih “Informasi Jemaah Haji” pada menu Pelayanan
3. Kemudian pilih “Estimasi Keberangkatan”
4. Masukkan nomor porsi peserta yang terdiri dari sepuluh digit angka pada kolon yang sudah disediakan, lalu klik “Search”
5. Informasi keberangkatan akan ditampilkan. Informasi keberangkatan ini akan terlihat yang terdiri dari Nama Porsi, Nama, Kabupaten atau Kota, Provinsi, Kuota Provinsi/Kab/Kota/Khusus, dan Estimasi Keberangkatan.

Nah, perlu kamu ingat bahwa jadwal yang muncul ini merupakan estimasi atau perkiraan yang dapat saja berubah sewaktu-waktu. Jadi Jemaah dapat memeriksa tiap tahunnya saat memasuki musin keberangkatan haji.

Demikianlah ulasan kami terkait dengan cara daftar akun HajiPintar. Semoga informasi dalam artikel ini bisa membantu kamu ya. Semoga segala persiapan para calon Jemaah lancar dan menjadi haji yang mabrur. Terima kasih telah singgah.