Cara Daftar Akun GTK

GTK atau Guru dan Tenaga Kependidikan adalah unsur penggerak utama sistem pendidikan di Indonesia yang berada di bawah pengawasan Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Pentingnya peran guru dan tenaga kependidikan inilah yang menjadi dasar bagi pemerintah dalam membuat berbagai kebijakan bagi GTK melalui suatu aplikasi salah satunya yaitu SIM PKB. Lalu apasih sebenarnya SIM PKB itu?

Pengertian SIM PKB atau GTK

SIM PKB atau akun GTK adalah sistem informasi manajemen pengembangan keprofesian yang berkelanjutan. Ini menjadi kendaraan utama dalam upaya untuk membawa guru dan tenaga kependidikan pada perubahan yang diinginkan. SIM PKB ini menjadi sangat penting karena banyak program-program Kemendikbud yang bisa diikuti oleh seluruh guru di Indonesia. Diantaranya seperti diklat, workshop, seminar, PPG, dan lainnya sebagainya.

Tenaga pendidik atau guru adalah salah satu ujung tombak dalam kualitas pendidikan yang diterima oleh peserta didik. Hal ini dikarenakan guru merupakan perantara langsung yang menyampaikan materi pendidikan kepada peserta didik. Dalam rangka untuk membentuk guru yang berkualitas, pemerintah pusat melalui Kemendikbud membuat standarisasi dengan mengeluarkan sistem pengembangan keprofesian bagi guru. Dalam rangka pengembangan keprofesian ini, seluruh guru dan tenaga kependidikan (GTK) yang berada dibawah naungan Kemendikbud wajib untuk mengikuti sistem kompetensi ini.

Tujuan utama dari program ini selain untuk meningkatkan kualitas hasil belajar peserta didik, juga bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dari GTK yang terus berkembang mengikuti situasi perkembangan zaman.

Bagaimana Cara Daftar Akun GTK?

Nah, pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai cara Daftar akun GTK, karena masih banyak guru baru yang ingin masuk ke SIM PKB tetapi belum tahu bagaimana caranya. Untuk dapat mendaftarkan akun GTK kamu bisa melakukan langkah-langkah berikut ini.
1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah silahkan akses laman https://gtk.belajar.kemdikbud.go.id/
2. Setelah itu silahkan pilih Registrasi Akun GTK
3. Kemudian silahkan lengkapi data Nomor Peserta UKG.
Nah untuk mengetahui data nomor peserta UKG atau nama GTK kita,, kamu harus mencarinya terlebih dahulu pada laman pencarian di SIM PKB. Berikut langkah-langkah untuk mencari nomor UKG kamu:
– Silahkan kunjungi laman portal layanan SIMPKB pada laman https://gtk.belajar.kemdikbud.go.id/
– Kemudian klik pada tombol Pencarian Data GTK, lalu kamu akan diarahkan menuju laman pencarian data GTK
– Silahkan masukkan nama lengkap kamu, lalu Pilih Provinsi dan Kota tempat kamu
– Setelah itu, klik tombol Cari GTK
– Akan muncul hasil pencarian sesuai dengan data yang kamu masukkan, silakan cari data kamu pada bagian hasil pencarian. Pada bagian bawah nama kamu akan tertera nomor peserta UKG. Jangan lupa untuk dicatat dan disimpan ya karena itu akan menjadi patokan kamu untuk mendaftar akun GTK. Lalu bagaimana jika ditemukan hasil ganda pada saat pencarian nomor UKG ? Nah, jika ditemukan hasil ganda pada pencarian kamu, silakan laporkan melalui media pelaporan yang telah disediakan. Pastikan kamu menyebutkan no UKG yang aktif digunakan dan yang tidak aktif digunakan lalu sebutkan juga apakah akun tersebut terkoneksi Dapodik atau tidak.
4. Setelah kamu berhasil mendapatkan nomor UKG maka selanjutnya silahkan isi tanggal Lahir kamu, serta klik konfirmasi “Saya bukan robot” untuk melakukan registrasii akun. Jika sudah selajutnya klik tombol Register.
5. Setelahnya silahkan lakukan konfirmasi registrasi akun dengan klik tombol Setujui & Cetak
6. Kemudian lakukan cetak dokumen pemberitahuan Akses Layanan dengan klik tombol Save atau Simpan atau tombol berwarna biru (sesuai pengaturan browser kamu)
7. Sampai disini kamu sudah berhasil memiliki akun GTK.
Nah jika registrasi tidak berhasil atau terkendala, Silahkan menghubungi Admin Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan di Dinas Pendidikan Kab/Kota setempat atau Admin P4TK atau Ketua MGMP/KKG/GUGUS PAUD di wilayah kerja masing-masing untuk meminta bukti CETAK AKUN Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan alternatif lainnya.

Cara Terkoneksi Dapodik

Setelah tadi kamu berhasil mendaftarkan akun GTK, selanjutnya kami akan memberikan info mengenai cara agar akun kamu dapat terkoneksi Dapodik. Yuk simak penjelasan lengkapnya berikut ini.
1. Pastikan bahwa data Dapodik kamu valid dan sinkron di Dapodk Pusat dengan melakukan pencarian akun SIM PKB kamu pada https://gtk.belajar.kemdikbud.go.id/akun/ptk
2. Jika terdeteksi ganda, silahkan laporkan melalui operator SIMPKB Dinas Kota/Kab/Propinsi yang menaungi satminkal kamu
3. Nantinya Operator SIMPKB Dinas Kota/Kab akan meneruskan kepada Tim Pengembang SIMPKB Pusat sesuai dengan format laporan yang telah ditentukan
4. Kemudian silakan tunggu proses sinkronisasi data, proses sinkronisasi data dengan Dapodik akan membutuhkan waktu sekurangnya 2×24 jam. Setelah itu, akun SIM PKB kamu akan secara otomatis terkoneksi dengan Dapodik setelah proses sinkronisasi data selesai.

Demikianlah ulasan kami mengenai Cara Daftar Akun GTK yang bisa kami bagikan untuk kamu. Semoga informasi yang ada pada artikel ini dapat membantu kamu dalam mendaftar akun GTK ya. Terima kasih telah singgah.