Blogger: Pengertian, Sejarah, Fitur dan Keunggulan Blogger

Adanya internet membuat akses informasi menjadi sangat mudah, Anda dapat mempelajari apapun dengan sangat mudah, sehingga saat Anda bisa memfilter informasi dengan baik, Anda akan bisa merasakan betapa perkembangan teknologi membuat berbagai hal sangat mungkin untuk dipelajari dan dilakukan, salah satunya melalui blog.

Blog dikenal sebagai sebagai tempat informasi yang menyajikan artikel-artikel dan tulisan-tulisan yang dibuat oleh seorang blogger. Adapun blogger menurut kamus Oxford adalah seseorang yang secara teratur menulis untuk blog.

Blog sendiri pertama kali dibuat pada tahun 1993, dimana blog hadir dengan tampilan yang masih sangat sederhana. Hingga saat ini terdapat banyak sekali platform pembuat blog yang dapat Anda akses maupun gunakan, salah satunya Blogger.

Blogger adalah layanan penerbitan blog yang menerima blog multi-pengguna dengan entri bertanda waktu. Blogger pertama kali dikembangkan oleh Pyra Labs, kemudian dibeli oleh Google pada tahun 2003.

Blog – blog tersebut diselenggarakan oleh Google dan umumnya diakses dari subdomain “blogspot.com”. Dengan menggunakan Blogger sebuah blog bisa dibuat dengan mudah, karena adanya banyak fitur-fitur yang terdapat pada Blogger yang tentunya sangat membantu para blogger pemula.

Sejarah Blogger

Blogger yang merupakan platform yang diakuisisi oleh Google sejak 2003 ini memberikan kemudahan, aksesibilitas, dan dapat digunakan secaa gratis.

Didukung dengan berbagai fitur yang bermanfaat bagi pengguna untuk meningkatkan aktivitas blogging membuat Blogger menjadi platform yang banyak digunakan oleh para blogger.

Pasalnya melalui Blogger ini memungkinkan pengguna untuk memiliki desain, tata letak, dan konten drag dan drop dengan sangat mudah.

Adanya Blogger ini tentu tidak terlepas dari adanya istilah weblog yang diperkenalkan oleh Jhon Barger pada tanggal 17 Desember 1997.

Kemudian pada tahun 1999 platform Blogger dirilis oleh Pyra Labs. Hingga pada 2003, Blogger resmi menjadi bagian dari Google setelah platform ini diakuisisi.

Hasil dari akuisisi tersebut membuat Blogger semakin berkembang dan memiliki banyak perubahan, terutama pada fitur premium yang akhirnya dapat Anda gunakan secara cuma-cuma (gratis).

Disusul dengan desain Blogger yang diperbaiki serta ditambahkan beberapa fitur lainnya, seperti template standar web, halaman arsip individu, komentar, dan posting melalui email yang menjadikan Blogger menjadi lebih baik lagi. Hingga pada tahun 2006 Blogger resmi beralih ke server milik Google.

Fitur – Fitur Blogger

Platform yang terus dikembangkan melalui berbagai fiturnya yang sangat memudahkan penggunanya dalam membuat blog, membuat Blogger memiliki fitur yang sangat variatif. Berikut beberapa fitur pada Blogger, diantaranya:

Template Designer

Template Designer merupakan fitur yang memungkinkan Anda untuk mengubah lebar kolom utama dan bilah sisi, menyesuaikan gambar latar belakang dan bahkan memindahkan berbagai elemen blog (header, footer, sidebars) termasuk menyesuaikan font, ukuran, dan warna setiap elemen blog terakhir, dari tautan ke tajuk utama, poskan teks, dan semua hal yang menyangkut unggahan pada blog.

Earning Tabs

Earning Tabs merupakan fitur penghasilan, dimana Anda sebagi blogger bisa mendapatkan penghasilan melalui artikel yang Anda unggah.

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menautkan blog ke akun Google AdSense. AdSense secara otomatis mendeteksi isi pokok posting blog dan menampilkan iklan yang relevan kepada pembaca.

Stats Tab

Stats Tab merupakan fitur dimana Anda sebagai pemilik blog dapat mengetahui tentang para pembaca yang membaca postingan yang Anda unggah.

Informasi mengenai berapa banyak tampilan halaman yang Anda miliki hari ini, kemarin, di bulan lalu, dan sejak blog dibuat. Anda juga dapat memeriksa lalu lintas per pos, dan dari mana trafik para pengunjung blog berasal.

Blogger Buzz

Blogger Buzz merupakan fitur yang dimana Anda dapat membaca posting dari orang-orang yang bekerja di balik layar Blogger yang menjelaskan cara menggunakan fitur Blogger, mengumumkan fitur-fitur baru saat tersedia, dan menawarkan tips tentang cara memaksimalkan blog yang dimiliki pengguna.

Google Video

Mengingat Blogger merupakan platform yang dikembangkan oleh Google, sehingga Blogger terintegrasi dengan layanan Google lainnya, yang membuat Anda dapat menambahkan video ke tulisan yang Anda unggah dengan cukup mudah.

Blogging By Phone

Melalui fitur Blogging By Phone ini memungkinkan Abda melakukan aktivitas blogging melalui smartphone. Pengguna hanya perlu mengirim teks ke Blogger dan setelah itu akan mendapatkan kode registrasi yang dapat digunakan untuk membuat blog atau menambahkan tautan ke akun Blogger yang sudah ada sebelumnya.

Team Blogging

Team Blogging ini memungkinkan Anda untuk berkolaborasi dengan tim yang Anda miliki. Dengan fitur ini Anda dapat mengumpulkan tim blogger, sehingga blog tidak hanya akan memiliki lebih banyak konten, tetapi pengguna akan mendapat manfaat dari beragam ide dan gaya penulisan.

Anda dapat menggunakan fitur ini dengan cara membuat satu orang di bawah akun Google utama, lalu buka tab “Pengaturan” dan subtab “Dasar”. Di bawah izin terdapat opsi untuk Menambahkan Penulis. Tambahkan penulis dengan memasukkan alamat email Google (gmail).

Blogger Widgets

Widgets adalah semacam skrip yang bisa dimasukkan ke dalam blog seorang pengguna blogger. Dengan fitur Widgets ini Anda dapat memberikan sebuah fungsi tambahan, seperti opsi “add a gadget”. Gadget disini merupakan istilah sebagai widget in house Google.

Dimana melalui gadget ini Anda dapat menampilkan blog populer yang Anda miliki, postingan terbaru dari media sosial Twitter Anda, dan bahkan menerjemahkan tulisan ke bahasa lain.

Keunggulan Blogger Sebagai Platform Blog

Berikut beberapa keunggulan dari Blogger, antara lain:

  • Layanan yang bisa digunakan secara gratis
  • Memiliki tampilan sederhana sehingga cukup mudah digunakan
  • Tertntegrasi dengan layanan Google lainnya
  • Konsistensi layanan Blogger yang terus melakukan upgrade dan memberikan fitur-fitur yang sangat berguna.

Demikian artikel mengenai Pengertian Blogger, Sejarah, Fitur, Keunggulan Blogger. Semoga informasi yang dimuat dalam artikel ini bermanfaat. Terima kasih.