Arti Flowchart, Simbol, Fungsi, Jenis, Lengkap dengan Contohnya

Flowchart atau diagram alir seringkali kita lihat di berbagai tempat. Misalnya dalam pelajaran ataupun dalam seminar. Flowchart juga umum digunakan dalam dunia pemrograman. Flowchart digunakan untuk menggambarkan sebuah alur.

Misalnya alur mendaftar ulang mahasiswa baru. Dalam diagram itu mahasiswa akan dengan mudah mengetahui ke meja mana terlebih dahulu yang harus didatangi kemudian apa yang harus dilakukan.

Namun, bagi sebagian orang flowchart ini mungkin masih asing. Jadi, mari kita ulas apa arti flowchart, apa gunanya, jenis hingga contohnya.

Pengertian Flowchart

Secara umum, flowchart bisa diartikan sebagai diagram yang terdiri dari beberapa simbol (sandi) tertentu yang menjelaskan dan menggambarkan langkah-langkah proses secara mendetail, dan hubungan antara proses (metode) dengan proses lainnya pada suatu program.

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah pengertian flowchart menurut para ahli di bidangnya.

1. Pahlevi (2010)

Adalah simbol dalam bentuk diagram alir dari algoritma dalam suatu program yang menytakan arah alur program.

2. Jogiyanto (2010)

Flowchart adalah bagan atau chart yang menampilkan alir atau arus (flow) di dalam program atau prosedur sistem secara logika.

3. Krismiaji (2010)

Arti flowchart adalah teknik analitis yang dipakai untuk menjelaskan aspek-aspek sistem isu secara logis, jelas, dan tepat.

4. Indrajani (2011)

Arti flowchart adalah gambaran secara grafik dari langkah-langkah dan urutan prosedur suatu program.

Fungsi Flowchart

Flowchart memiliki bebererapa fungsi yakni:

1). Membantu programer melihat alur

Fungsi Flowchart antara kain adalah dapat membantu programmer untuk melihat alur atau pola ketika akan mem-build sebuah program / aplikasi.

Dengan begitu, programer dapat mencegah malfungsi dari program komputer yang sedang dibuat leboh awal.

2). Melihat Keseluruhan Program

Fungsi lain flowchart adalah membantu Anda melihat rangkaian program secara keseluruhan (universal). Hal ini akan memudahkan programer atau siapapun melihat rancangan program.

3). Melihat Proses dari Sebuah Program Ketika Dijalankan

Ini masih ada kaitannya dengan fungsi flowchart pada poin kedua. Flowchart program dapat digunakan untuk melihat proses-proses yang akan terjadi ketika program dijalankan.

4). Pedoman dalam Menyusun atau Mengembangan Aplikasi

Fungsi flowchart program selanjutnya ialah menjadi pedoman dalam menyusun atau mengembangkan aplikasi.

Hampir sama dengan fungsi flowchart pada umumnya, flowchart program juga dapat digunakan untuk melihat alur/tahapan proses sebuah program.

Jenis – Jenis Flowchart

Berikut di bawah ini jenis-jenis Flowchart, antara lain sebagai berikut.

1. Flowchart Sistem (System Flowchart)

Yakni bagan yang menampakkan alur kerja atau apa yang sedang dilakukan di dalam metode secara keseluruhan dan menjelaskan urutan dari langkah-langkah yang ada didalam sebuah metode.

Flowchart jenis ini ialah dekripsi secara grafik dari urutan prosedur-prosedur yang terkombinasi yang membentuk suatu metode.

2. Flowchart Dokumen (Document Flowchart)

Bagan alir dokumen (document flowchart) bisa juga bagan alir formulir (form flowchart) atau paperwork flowchart adalah bagan alir yang memberi tahu arus dari laporan dan formulir beserta tembusan-tembusannya.

3. Flowchart Skematik (Schematic Flowchart)

Bagan alir skematik (schematic flowchart) adalah suatu bagan alir yang mirip dengan bagan alir sistem, yaitu berfungsi untuk menggambarkan langkah-langkah didalam sistem.

Perbedaannya yaitu, bagan alir skematik selain menggunakan simbol-simbol bagan alir sistem, juga memakai gambar-gambar komputer dan tools lainnya yang dipakai.

4. Flowchart Program (Program Flowchart)

Bagan alir program (program flowchart) adalah suatu bagan yang menggambarkan secara rinci prosedur dari proses program. Bagan alir program dibuat dari diversifikasi bagan alir sistem.

5. Flowchart Proses (Process Flowchart)

Flowchart Proses adalah teknik menggambar rekayasa industrial yang memecah dan menganalisis proses yang selanjutnya didalam suatu prosedur atau sistem.

Flowchart Proses dipakai oleh perekayasa industrial dalam mempelajari dan mengembangkan proses-proses manufacturing.

Simbol Flowchart

Ketika membuat flowchart, perlu simbol-simbol yang representatif agar bagan itu sendiri mudah dipahami.

Simbol-simbol yang di pakai dalam flowchart dibagi menjadi 3 kelompok yakni Flow direction symbols yang digunakan untuk menghubungkan simbol satu dengan yang lain dan disebut juga connecting line.

Kemudian Processing symbols yang menunjukan jenis operasi pengolahan dalam suatu proses / prosedur.

Simbol input/output yang menunjukkan jenis peralatan yang digunakan sebagai media input atau output.

Berikut adalah simbol-simbol dalam flowchart:

Contoh Flowchart

Berikut ini kami berikan beberapa contoh mudah flowchart yang bisa Anda buat di rumah.

1). Bagan Alir Menyikat Gigi

2). Bagan Alir Menyebarkan Informasi

3). Bagan Alir Rumah Sakit

Demikian ulasan mengenai apa itu Flowchart, apa fungsinya, jenis, hingga simbol-simbol yang digunakan dalam membuatnya. Semoga bermanfaat. (*)