12 Aplikasi Video Call yang Biasa Digunakan untuk Meeting dan Belajar Daring

Kebijakan pemerintah mengenai bekerja dari rumah atau yang lebih dikenal WFH (Work From Home) menjadikan komunikasi dalam pekerjaan menjadi terbatas, namun walau bagaimana pun berbagai pihak harus tetap melaksanakan interaksi demi menjalankan sebuah tugas dan fungsi dengan sebagaimana mestinya.

Tidak hanya sektor bisnis, sektor pendidikan juga menjadi suatu hal yang terhambat dalam menjalankan aktivitasnya. Dimana saat ini, sistem pembelajaran juga dilakukan secara daring. Meski penerapan sistem pembelajaran seperti ini dirasa masih belum efektif.

Aplikasi video call menjadi salah satu media komunikasi yang dibutuhkan dan sangat membantu, untuk melakukan komunikasi dengan jangkauan yang luas dan cakupan yang banyak.

Berikut Aplikasi Video Call yang dapat Anda gunakan untuk menunjang segala kegiatan yang tetap harus bisa dijalankan, meski dalam jarak yang berjauhan:

1. Skype – pesan instan & panggilan video gratis

Skype merupakan aplikasi video call yang sudah banyak digunakan untuk berbagai kepentingan sebelum pandemi ini ada. Dengan aplikasi ini Anda dapat melakukan meeting dengan 50 orang sekaligus.

Terdapat fitur blur background serta sharing screen yang bantu partisipan untuk fokus pada yang sedang berbicara, dan dilengkapi dengan fitur live subtitle serta chat recording yang membuat penggunanya akan merasa nyaman.

Untuk mendapatkan fitur yang lengkap Anda perlu mengupgrade aplikasi ke versi berbayar. Selain berbentuk aplikasi yang tentunya harus Anda download terlebih dahulu, Skype ini juga dapat Anda akses langsung melalui website.

Aplikasi Skype yang ditawarkan oleh Skype ini mendapatkan rating 4,3 di Play Store dan telah diunduh lebih dari 1.000.000.000 kali.

2. Zoom Cloud Meetings

Zoom Cloud Meetings merupakan aplikasi video call yang paling populer saat ini. Aplikasi ini dilengkapi dengan berbagai fitur yang memudahkan penggunanya dalam berinteraksi.

Selain video conferencing atau rapat, Anda juga bisa menggunakan Zoom untuk melakukan instant messaging yang bisa dilakukan bahkan saat Anda sedang melakukan rapat.

Anda dapat menikmati fitur yang lebih lengkap, seperti dukungan sampai 1000 partisipan dalam sekali pertemuan, hasil meeting yang bisa disimpan di Cloud, adanya fitur transkripsi dalam video, dan lainnya.

Aplikasi Zoom Cloud Meetings yang ditawarkan oleh zoom.us ini mendapatkan rating 3,9 di Play Store dan telah diunduh lebih dari 100.000.000 kali. Aplikasi ini kompatibel untuk perangkat Android versi 5.0 dan yang lebih tinggi.

3. Microsoft Teams

Microsoft Teams merupakan aplikasi video conference berbayar yang dapat mengadakan meeting dengan 1.000 personal sekaligus.

Dengan menggunakan Microsoft Teams Anda telah terintegrasi penuh dengan Microsoft 365, serta dapat menikmati fitur lainnya seperti screen sharing, call recording, blur background, live caption, dan online chatting.

Selain dengan mengunduh aplikasi via Play Store dan App Store, Anda juga dapat mengakses Microsoft Teams dengan hanya mengunjungi websitenya saja.

Aplikasi Microsoft Teams yang ditawarkan oleh Microsoft Corporation ini mendapatkan rating 4,3 di Play Store dan telah diunduh lebih dari 100.000.000 kali.

4. Google Meet

Google Meet merupakan aplikasi video conference yang memungkinkan Anda untuk mengakses setiap pertemuan dengan sangat mudah, juga terdapat sharing screen dimana Anda dapat menampilkan dokumen, slide dan file lainnya yang mendukung berjalannya sebuah meeting.

Selain untuk mobile, aplikasi ini juga diperkuat dengan sistem web-based yang akan sangat memudahkan Anda. Aplikasi Google Meet yang ditawarkan oleh Google ini mendapatkan rating 3,2 di Play Store dan telah diunduh lebih dari 100.000.000 kali.

5. Cisco Webex Meetings

Cisco Webex Meetings merupakan aplikasi video conference yang memungkinkan Anda untuk meeting dengan 100 orang sekaligus, yang dilengkapi dengan screen sharing dengan kualitas yang bagus.

Anda juga akan mendapatkan akses untuk melihat semua rekaman meeting, serta menjadwalkan sebuah meeting. Aplikasi Cisco Webex Meetings yang ditawarkan oleh Cisco Systems, Inc. ini mendapatkan rating 4,2 di Play Store dan telah diunduh lebih dari 50.000.000 kali.

6. GoToMeeting – Video Conferencing & Online Meetings

GoToMeeting merupakan aplikasi video conference yang memberikan banyak fitur sehingga Anda dapat melakukan interaksi dengan baik. GoToMeeting hadir dengan kualitas audio dan video HD, lengkap dengan fitur screen sharing.

Aplikasi ini juga dapat Anda unduh melalui smartphone yang Anda miliki. Dan terdapat fitur lainnya, seperti fitur one-tap-invite, melakukan meeting dengan 150 partisipan. Anda dapat menikmati fitur yang lengkap dengan menggunakan aplikasi GoToMeeting versi berbayar.

7. CyberLink U Meeting

CyberLink merupakan aplikasi video conference yang menyediakan layanan pro. Anda dapat memilih plan sesuai dengan fasilitas dan fitur yang Anda butuhkan, dari mulai plan basic sampai plan enterprise. Aplikasi U Meeting ini web-based, artinya tidak menyediakan aplikasi mobile.

8. BlueJeans Video Conferencing

BlueJeans merupakan aplikasi video conference yang menyediakan berbagai fitur yang memudahkan Anda dalam berkomunikasi. Aplikasi ini merupakan aplikasi berbayar, yang menyediakan beberapa pilihan plan yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Dengan fitur yang support Dolby Audio , BlueJeans ini akan memberikan pengalaman meeting yang nyaman dan menyenangkan.

Aplikasi BlueJeans Video Conferencing yang ditawarkan oleh BlueJeans Network ini mendapatkan rating 4,5 di Play Store dan telah diunduh lebih dari 1.000.000 kali.

9. ClickMeeting Webinar App

ClickMeeting Webinar App merupakan aplikasi video call dan video conferencing yang hadir dengan fitur yang lengkap, seperti sharing screen, slideshow dan video, online collaboration, slide taking over, tanya jawab real time, dan polling online dan real time.

Selain itu, Anda juga bisa menikmati fitur analisa dan marketing tools.Aplikasi ini merupakan aplikasi berbayar yang menawarkan free trial selama 7 hari.

ClickMeeting Webinar App yang ditawarkan oleh ClickMeeting Sp. z o.o. ini mendapatkan rating 3,3 di Play Store dan telah diunduh lebih dari 1.000.000 kali.

10. Lifesize Video Conferencing

Lifesize Video Conferencing merupakan aplikasi video conference yang dapat Anda gunakan dengan sangat mudah sehingga akan membuat komunikasi yang Anda lakukan menjadi sangat efektif.

Lifesize menawarkan fitur video endpoint dengan kualitas terbaik, touch screen conference room, serta cloud-based meeting. Anda dapat mengakses aplikasi video conference berbayar ini dengan pilihan plan Standard, Business, dan Enterprise.

Untuk dapat menikmati akses gratis Anda dapat menggunakan Lifesize Go via webiste dengan 8 partisipan maksimal dan unlimited video call.

Aplikasi Lifesize Video Conferencing yang ditawarkan oleh Lifesize ini mendapatkan rating 3,5 di Play Store dan telah diunduh lebih dari 500.000 kali.

11. RingCentral

RingCentral merupakan aplikasi video conference berbayar yang menawarkan beberapa plan dengan fasilitas dan fitur yang berbeda. Aplikasi ini memiliki fitur jadwal video call dan recording Cloud, screen sharing serta instant messaging dan chatting.

Anda juga juga bisa menikmati dashboard dengan fitur monitoring penggunaan platform secara periodik, mengatasi masalah IP dan pinpoint, ISP, Network, dan Endpoint, dan fitur analisa mengenai performa meeting.

RingCentral memberikan akses gratis untuk para pengajar, para medis, dan lainnya. Aplikasi RingCentral yang ditawarkan oleh RingCentral ini mendapatkan rating 4,3 di Play Store dan telah diunduh lebih dari 500.000 kali.

12. 8×8 Meet

8×8 Meet merupakan aplikasi video meeting dan conferencing yang dapat Anda gunakan secara gratis. 8×8 Meet dilengkapi dengan fitur integrasi calendar yang super praktis, juga terdapat integrasi langsung dengan Office 365, Google Chrome, Firefox, serta Google Calendar.

Dengan aplikasi ini Anda juga dapat menikmati fitur share screen, fitur ‘angkat tangan’, live chatting, dan juga record streaming dimana semua fitur ini dapat Anda nikmati secara gratis.

Aplikasi 8×8 Meet yang ditawarkan oleh 8×8, Inc ini mendapatkan rating 3,3 di Play Store dan telah diunduh lebih dari 100.000 kali.

Itulah 12 Aplikasi Video Call yang dapat Anda gunakan untuk memudahkan Anda menjalin interaksi untuk berbagai kepentingan. Aplikasi video conference ini akan sangat memudahkan banyak pihak selama masa pandemi ini. Semoga informasi ini bermanfaat. Terima kasih.