Aplikasi Perekam Layar HP Android Gratis dan Terbaik 2021

Untuk membuat tutorial menggunakan sebuah aplikasi, atau tutorial menggunakan berbagai aplikasi yang memerlukan tangkapan layar berbentuk video akan membutuhkan aplikasi perekam layar.

Proses perekaman sejatinya memang menggunakan kamera, akan tetapi jika yang direkam merupakan sebuah layar biasanya akan menghasilkan kualitas gambar yang tidak terlalu jelas hasilnya. Oleh karenanya, Anda memerlukan aplikasi khusus untuk melakukannya.

Bila Anda pengguna Android, dan ingin menggunakan perekaman layar untuk berbagai kebutuhan. Berikut Aplikasi Perekam Layar HP Android yang kami rekomendasikan untuk Anda, antara lain:

1. Mobizen

Mobizen

Aplikasi perekam layar Mobizen ini dapat melakukan perekaman layar hanya dengan menekan satu tombol saja. Mobizen akan merekam aktivitas di layar HP Anda dengan resolusi FullHD.

Aplikasi ini menawarkan beberapa fitur yang mungkin tidak akan Anda temukan di aplikasi sejenis lainnya, mulai dari mengirim SMS dari dekstop, transfer file ke PC, dan melakukan streaming video melalui layar dekstop Anda.

Kelebihan lain pada aplikasi ini adalah sangat mudah digunakan dan tanpa harus melakukan root. Jika beberapa aplikasi perekam layar lain hanya kompatibel dengan perangkat yang menggunakan sistem operasi Android Lollipop, Mobizen sudah dapat digunakan di perangkat Android 4.0 (Ice Cream Sandwich) ke atas.

2. Screen Recorder & Video Recorder – XRecorder

Screen Recorder & Video Recorder – XRecorder

Screen Recorder & Video Recorder – XRecorder adalah salah satu aplikasi perekam layar yang paling dapat diandalkan oleh pengguna Android.

Aplikasi perekam layar yang satu ini tidak menampilkan watermark pada hasil perekaman, jika Anda adalah seseorang yang seringkali merasa tidak nyaman dengan adanya watermark aplikasi perekam layar ini dapat Anda jadikan pilihan.

Selain itu aplikasi juga tidak diperlukan root dan tidak ada batas waktu rekaman. Adapun fitur lain pada Xrecorder ini, seperti mendukung semua video, merekam gameplay, mengekspor video Full HD secara kustom, dan lain sebagainya.

Fitur tersebut membuat pengguna dapat merekam layar ponsel mereka dengan aman dan nyaman. Hal ini terbukti dari jumlah unduhan Screen Recorder & Video Recorder – XRecorder yang telah diunduh lebih dari 50 juta kali.

3. AZ Screen Recorder – No Root

AZ Screen Recorder – No Root

AZ Screen Recorder ini dapat dijalankan pada aplikasi Andorid Lollipop dan dapat diinstal tanpa perlu melakukan root pada perangkat yang Anda gunakan. AZ Screen Recorder mampu merekam layar perangkat dengan kualitas HD atau FullHD.

Dengan menggunakan Magic Button yang terdapat pada aplikasi ini, Anda bisa merekam kegiatan di dalam sebuah aplikasi tanpa adanya batasan waktu. Dan dengan fitur tersebut, penonton tidak dapat melihat apapun di layar Anda kecuali aplikasi yang sedang dijalankan.

4. Screen Recorder – Record Your Screen

Screen Recorder – Record Your Screen

Screen Recorder mampu menghasilkan rekaman layar dengan kualitas yang bagus dan mulus. Selain kualitas gambar, aplikasi ini juga menjanjikan audio yang jernih dan profesional.

Kelebihan lainnya adalah Screen Recorder – Record your screen ini menawarkan rekaman layar tanpa batas. Aplikasi perekam layar ini juga dapat dilengkapi dengan fitur shake yang bisa melakukan stop/pause saat sedang merekam layar.

5. NO-ROOT Record Screen to Video

NO-ROOT Record Screen to Video

NO-ROOT Record Screen to Video menawarkan kemudahan dalam merekam segala aktivitas yang dilakukan di layar smartphone Anda. Aplikasi ini akan merekam layar di 24 fps, sehingga hasil video tampak lebih HD dan profesional.

NO-ROOT Record Screen to Video juga menjadi salah satu aplikasi perekam layar yang tidak meninggalkan watermark pada hasil video . Dan Anda juga bisa langsung menginstall aplikasi ini tanpa perlu melakukan root pada perangkat yang Anda gunakan.

6. Screen Recorder

Screen Recorder

Screen Recorder ini merupakan aplikasi besutan AppSmartz. AppSmartz menghadirkan aplikasi perekam layar untuk Android yang memberikan kemudahan dan keamanan.

Untuk menjalankan aplikasi Screen Recorder ini, Anda perlu mengaktifkan aplikasinya terlebih dahulu, kemudian klik play untuk langsung merekam layar. Jika perekaman sudah selesai, maka Anda bisa menyimpan hasilnya di SD Card.

7. Screen Recorder – Free No Ads

Screen Recorder – Free No Ads

Dengan menggunakan aplikasi Screen Recorder yang satu ini, Anda akan menikmati proses perekaman layar tanpa merasa terganggu dengan adanya iklan. Aplikasi yang dibuat oleh developer Kimcy929 ini juga menyediakan berbagai macam fitur menarik di dalamnya.

Seperti Anda tetap dapat melakukan perekaman layar sembari melakukan selfie. Bahkan Screen Recorder – Free No Ads ini menyediakan fitur untuk menambahkan stiker pada hasil perekaman video yang Anda kerjakan.

8. Super Screen Recorder – No Root REC & Screenshot

Super Screen Recorder – No Root REC & Screenshot

Sesuai dengan namanya, yakni Super Screen Recorder–No Root REC & Screenshot dimana aplikasi ini merekam layar tanpa perlu melakukan root dan juga bisa digunakan untuk melakukan screenshot.

Aplikasi ini juga menyediakan beragam kualitas video, yakni 1080P, 12Mbps, 60FPS. Selain sebagai perekam layar, aplikasi Super Screen Recorder juga bisa digunakan untuk editing video, membuat GIF, yang dilengkapi dengan brush tool.

9. ADV Screen Recorder

ADV Screen Recorder

ADV Screen Recorder adalah salah satu aplikasi untuk merekam layar yang juga dapat Anda jadikan sebagai opsi lainnya. Aplikasi perekam layar ini sudah ada lebih dari 90.000 pengguna Android yang menginstal ADV Screen Recorder ini.

ADV Screen Recorder hadir dengan tampilan antarmuka yang user friendly. Jadi sebagai pengguna, Anda tidak akan kesulitan untuk mengoperasikannya.

ADV Screen Recorder ini dibuat dengan dua desain berbeda, yakni default dan advanced. Anda dapat memilih satu diantara dua desain tersebut yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Kelebihan lain yang dimiliki oleh ADV Screen Recorder adalah fitur editing video, dimana setelah Anda selesai melakukan perekaman layar, Anda bisa langsung mengeditnya. Sehingga part yang Anda rasa tidak perlu ada bisa Anda hilangkan dengan mudah.

10. Rec. (Screen Recorder)

Rec. (Screen Recorder)

Rec. (Screen Recorder) memiliki tampilan antarmuka yang sangat memanjakan penggunanya. Aplikasi perekam layar ini juga hadir dengan berbagai fitur yang sangat lengkap dan menguntungkan, yang dapat Anda pilih untuk menggunakan aplikasi versi gratis atau berbayar.

Jika Anda menggunakan versi gratis, maka Anda akan dibatasi untuk beberapa hal. Namun, Rec. (Screen Recorder) juga tersedia dalam versi pro dimana Anda bisa merekam layar tanpa batas. Bahkan, dengan aplikasi Rec. (Screen Recorder) pro, Anda bisa menggunakan mic saat sedang merekam layar.

11. Game Screen Recorder

Game Screen Recorder

Tren game yang kembali menyeruak dengan hadirnya game terbaru yang juga dimainkan secara online, mungkin menjadi salah satu inspirasi nama dari aplikasi ini.

Hadir dengan nama Game Screen Recorder, bukan berarti aplikasi ini hanya bisa digunakan untuk merekam layar pada saat Anda bermain game saja.

Sama seperti aplikasi perekam layar lainnya, aplikasi ini juga bisa merekam layar apapun aplikasi yang sedang Anda gunakan, selama Anda memakian perangkat Android.

Game Screen Recorder ini dapat digunakan pada handphone dengan minimal dengan OS Lollipop. Game Screen Recorder ini tidak membatasi lama durasi Anda melakukan perekaman layar. Dengan begitu, Anda bisa merekam layar dengan durasi yang panjang sekalipun.

12. Lollipop Screen Recorder

Lollipop Screen Recorder

Lollipop Screen Recorder ini ditujukan untuk jenis ponsel Android Lollipop v5.0 ke atas. Aplikasi perekam layar ini juga dapat Anda gunakan tanpa perlu melakukan root terlebih dahulu.

Dengan menghadirkan tampilan antarmuka yang simpel membuat pengguna menjadi lebih mudah dalam memakain aplikasi ini. Anda dapat menikmati berbagai fitur yang tersedia pada aplikasi ini secara gratis.

Itulah 12 Aplikasi Perekam Layar HP Android yang dapat kami rekomendasikan untuk Anda. Masing-masing aplikasi memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri, Anda dapat memilih aplikasi perekam layar yang sesuai dengan apa yang Anda butuhkan. Semoga informasi ini bermanfaat. Terima kasih.