Aplikasi PDF Reader Gratis yang Dapat Anda Install di Perangkat Android Maupun PC

PDF atau Portable Document Format merupakan sebuah file berbentuk dokumen yang umumnya berisi teks, gambar, dan konten interaktif lainnya. Untuk dapat membuka dokumen berformat PDF ini, Anda memerlukan aplikasi pembaca PDF.

Aplikasi PDF Reader ini umumnya tidak hanya memiliki fungsi untuk membuka file tersebut saja. Melainkan juga terdapat banyak fitur lainnya yang akan mendukung Anda dalam membuat dokumen, seperti membubuhkan tanda tangan digital, terdapat juga fitur untuk membaca teks secara otomatis.

Berikut rekomendasi Aplikasi PDF Reader yang dapat Anda install di perangkat Android maupun PC, antara lain:

1. Adobe Acrobat Reader

Adobe System merupakan perusahaan yang pertama kali mengembangkan format PDF itu sendiri. Maka dari itu dengan adanya Adobe Acrobat Reader, menjadi aplikasi PDF reader terbaik yang bisa Anda install pada perangkat Android maupun PC yang Anda gunakan.

Adobe Acrobat Reader memiliki fitur lainnya, seperti memberi keterangan (annotations), mengisi formulir, dan memberikan tanda tangan digital. Juga terdapat fitur untuk melakukan convert PDF ke Word atau Excel. Adobe Acrobat Reader ini telah diunduh oleh lebih dari 100 jt kali di Google Play Store.

2. WPS Office

WPS Office merupakan aplikasi PDF Reader yang menawarkan berbagai fitur yang tidak kalah menarik, aplikasi ini dikembangkan oleh Kingsoft Office Software Corporation Limited.

WPS Office bukan hanya mendukung file berformat PDF saja, melainkan mendukung berbagai format lainnya. WPS Office juga menyediakan fitur konversi dari PDF ke Word maupun sebaliknya secara gratis.

3. Google PDF Viewer

Google PDF Viewer yang merupakan aplikasi PDF viewer yang dikembanhkan oleh pengembang Android, yakni Google LLC membuat aplikasi ini memiliki keunggulan dengan sudah terintegrasi pada aplikasi Google Drive, seperti Document, Spreadsheet dan Slide.

Google PDF Viewer ini terbilang sederhana dengan fitur esensial seperti pencarian, memilih teks untuk disalin, dan lainnya.

4. Foxit PDF Reader

Aplikasi Foxit PDF Reader ini bisa menjadi aplikasi yang diandalkan untuk mewakili segala kebutuhan Anda, baik untuk bisnis maupun membaca e-book. Dimana Foxit PDF Reader Mobile menyediakan fitur seperti anotasi, menandatangani dokumen, dan lainnya untuk kebutuhan bisnis.

Sementara untuk pembaca e-book, Anda diberikan fitur navigasi yang mudah, dukungan bookmark, manajemen PDF, dan penyimpanan cloud tidak menguras memori internal.

Anda juga dapat mengupgrade aplikasi berbayar dengan fitur yang lebih lengkap. Anda dapat menginstal aplikasi ini di perangkat Android maupun PC.

5. Nitro Reader

Nitro Reader menghadirkan fitur esensial, mulai dari memberikan catatan, convert file, hingga tanda tangan digital. PDF Reader ini kompatibel untuk perangkat dengan OS Windows XP SP2/Vista/7/8/8.1/10 (32-bit/64-bit), yang memerlukan penyimpanan sebanyak 144.3 MB. Untuk menikmati fitur secara lebih lengkap, Anda dapat mengupgrade ke aplikasi Nitro Reader Pro.

6. Acrobat Reader DC

Acrobat Reader DC merupakan PDF reader gratis dari Adobe dengan ukuran file instalasi yang cukup besar yakni 183,1MB. Namun program ini memang dihadirkan dengan beragam fiturnya yang sangat baik.

Jika Anda sudah menggunakan produk Adobe lainnya, Anda dapat menghubungkan Acrobat Reader DC ke Adobe Storage Cloud. Anda juga dapat menyimpan atau membuka file PDF dari layanan cloud termasuk Dropbox, Microsoft OneDrive dan Box.

Acrobat Reader DC ini dapat membuka banyak file besar secara bersamaan. Dengan fitur tersebut Anda dapat membaca dan mengomentari dokumen-dokumen tebal dalam program ini tanpa khawatir membuat PC menjadi lemot.

Untuk dapat menikmati fitur lainnya, Anda dapat mengupgrade ke aplikasi berbayar. Dalam fitur premiumnya, Acrobat Reader DC menghadirkan mode text-to-speech akan membacakan dokumen dengan keras untuk Anda. Anda dapat menginstal software ini pada perangkat dengan OS Windows, macOS, dan Android.

7. Foxit PDF

Foxit PDF ini dapat terintegrasi dengan Microsoft Office, yang memungkinkan Anda dapat dengan mudah mengkonversi dokumen yang Anda sedang Anda kerjakan pada Microsoft Office menjadi file PDF.

Anda juga dapat memindai dokumen atau gambar dan mengonversinya ke PDF. Dengan plugin gratis untuk program ini, Anda akan dapat menggabungkan atau membagi PDF.

Foxit PDF juga menyediakan fitur mode membaca aman yang memungkinkan Anda untuk menonaktifkan JavaScript yang secara otomatis disertakan dalam PDF yang diunduh. Anda dapat menginstal Foxit PDF ini pada perangkat dengan OS Windows, macOS, dan Linux.

8. Slim PDF

Slim PDF merupakan software PDF reader yang sangat ringan dan ukuran filenya sangat kecil yaitu 1,43MB saja. Slim PDF menjadi pilihan yang tepat untuk Anda yang terbatasi oleh ruang hard disk. Dan karena merupakan aplikasi yang sangat ringan, dengan begitu Slim PDF ini dapat membuka dan mengunduh dokumen lebih cepat daripada sebagian besar pesaingnya.

Walaupun memang dengan ukurannya yang ringkas ini hanya memungkinkan Slim PDF untuk hadir dengan fungsi yang sangat mendasar. Dimana Anda hanya dapat membuka dan membaca dokumen saja.

Fitur dasar tersebut akan sangat berguna bagi Anda yang memang memerlukan software yang memang digunakan hanya sebatas untuk membaca maupun mencetak dokumen dengan format PDF. Slim PDF ini dapat dijalankan pada perangkat dengan OS Windows.

9. SumatraPDF

SumatraPDF dapat menjadi alternatif lain jika Anda memiliki perangkat dengan spesifikasi yang terbatas, pasalnya aplikasi ini memiliki ukuran yang sangat kecil yakni hanya 5 MB untuk versi 64-bit.

Walaupun hadir dengan ukuran filel yang kecil, namun aplikasi ini tetap memiiki fitur esensial, seperti membaca PDF, memberi catatan, tanda tangan digital, dan mengisi formulir. SumatraPDF ini dapat diinstal pada perangkat dengan OS Windows XP SP2/Vista/7/8/8.1/10 (32-bit/64-bit).

10. Expert PDF Reader

Expert PDF Reader adalah PDF Reader yang memungkinkan Anda untuk mengisi dan menandatangani dokumen, serta beberapa tag anotasi pra-desain seperti karakter “disetujui”.

Anda juga dapat membuat komentar seperti catatan tempel atau melampirkan dokumen tambahan ke PDF. Dengan desain antarmuka yang mirip dengan Microsoft Word, membuat aplikasi ini sangat familiar untuk digunakan.

Itulah beberapa rekomendasi Aplikasi PDF Reader Gratis yang dapat Anda install di perangkat Android maupun PC. Semoga informasi yang dimuat dalam artikel ini bermanfaat. Terima kasih.

Link download terkait