12 Aplikasi Menggambar Terbaik 2021

Menggambar merupakan sebuah aktivitas yang biasa dilakukan dari sejak kecil. Beberapa orang menjadikannya sebagai hobi, yang jika ditekuni hobi ini bisa menjadi sumber pendapatan.

Apalagi di era digital saat ini, yang memungkinkan kamu memiliki ruang yang dapat menjangkau banyak orang dengan bantuan sosial media seperti Instagram.

Kamu juga dapat membuat tips dan tutorial, yang dapat kamu bagikan sebagai konten instagram, TikTok dan YouTube.

Menggambar tidak lagi soal media kertas, kanvas, dan peralatan lainnya. Kini kamu dapat menggunakan aplikasi menggambar pada smartphone maupun PC, yang bisa kamu lakukan menggunakan tangan kosong maupun dengan bantuan stylus yang akan lebih memudahkanmu dalam menggambar.

Aplikasi ini tentunya dilengkapi dengan berbagai fitur brush, pilihan warna yang beragam, dan lainnya. Berikut rekomendasi Aplikasi untuk Menggambar, antara lain:

1. ibis Paint X

ibis Paint X merupakan aplikasi menggambar yang memiliki banyak fitur, seperti brush yang terdiri lebih dari 300 jenis, 63 filter, 46 screen tone, 27 mode blending, stroke stabilization, layer yang tidak terbatas, dan fitur lainnya yang akan sangat memudahkanmu selama proses menggambar.

Aplikasi menggambar yang ditawarkan oleh ibis inc. ini telah diunduh lebih dari 10.000.000 kali, dan mendapatkan rating 4,4 di Play Store. Aplikasi ini kompatibel untuk perangkat Android versi 4.1 dan yang lebih tinggi.

2. Adobe Illustrator Draw

Adobe Illustrator Draw merupakan aplikasi menggambar yang dapat kamu guanakna secara gratis. Aplikasi ini memiliki desain antarmuka yang sederhana, namun tetap memiliki beragam fitur yang akan memudahkanmu untuk menggambar melalui perangkat yang kamu pakai.

Aplikasi ini akan menimpan gambar dengan format vektor. Adobe Illustrator Draw cocok untuk digunakan oleh profesional sekalipun.

Aplikasi yang ditawarkan oleh Adobe Indonesia ini telah diunduh lebih dari 10.000.000 kali, dan mendapatkan rating 4,2 di Play Store. Aplikasi ini kompatibel untuk perangkat Android versi 5.0 dan yang lebih tinggi.

3. PaperColor

PaperColor merupakan aplikasi menggambar dengan tampilan seperti kanvas yang dilengkapi dengan pilihan brush yang beragam. Saat kamu membuka aplikasi ini kamu akan disuguhi sebuah lembar kerja kosong dengan pena dan juga brush.

Kamu bisa mengimpor foto dan mengaturnya ke mode transparan, yang memungkinkan kamu untuk bisa belajar membuat sketsa dengan mudah dan cepat.

Aplikasi yang ditawarkan oleh Colorfit ini telah diunduh lebih dari 10.000.000 kali, dan mendapatkan rating 4,2 di Play Store.

4. PicsArt Color Paint

PicsArt Color Paint merupakan aplikasi menggambar yang memiliki fitur yang akan memudahkanmu dalam menggambar dan mewarnai sebuah objek yang telah kamu buat. Kamu juga bisa menambahkan efek khusus, aplikasi ini juga memiliki fitur blending warna, penyesuaian layer, text tool dan lainnya.

Aplikasi yang ditawarkan oleh PicsArt ini telah diunduh lebih dari 10.000.000 kali, dan mendapatkan rating 4,1 di Play Store. Aplikasi ini kompatibel untuk perangkat Android versi 4.0.3 dan yang lebih tinggi.

5. SketchBook – draw and paint

MediBang Paint merupakan aplikasi yang menyuguhkan desain antarmuka yang mirip seperti Adobe. Aplikasi ini cocok untuk kamu yang suka menggambar manga (komik ala Jepang).

Dilengkapi dengan tools membuat panel komik, nada layar, font huruf, dan fitur lainnya yang dapat kamu akses secara gratis.

Aplikasi yang ditawarkan oleh MediBang Inc.ini telah diunduh lebih dari 10.000.000 kali, dan mendapatkan rating 4,1 di Play Store.

6. Adobe Photoshop Sketch

Adobe Photoshop Sketch merupakan aplikasi menggambar lainnya dari Adobe. Aplikasi ini cocok banget untuk kamu yang ingin membuat sketsa raster seperti di Adobe Photoshop versi PC.

Kamu akan disuguhkan banyak pilihan brush yang dapat kamu sesuaikan dengan kebutuhanmu. Selain itu, aplikasi ini juga terintegrasi dengan Adobe Illustrator Draw sehingga kamu bisa bolak-balik di antara keduanya.

Aplikasi menggambar yang ditawarkan oleh Adobe ini telah diunduh lebih dari 5.000.000 kali, dan mendapatkan rating 4,1 di Play Store. Aplikasi ini kompatibel untuk perangkat Android versi 5.0 dan yang lebih tinggi.

7. Drawing Desk Draw Paint Color Doodle & Sketch Pad

Drawing Desk Draw Paint Color Doodle & Sketch Pad merupakan aplikasi menggambar yang cocok untuk digunakan kalangan pemula, karena memiliki tampilan dan fitur yang sangat sederhana, seperti kuas, pensil, dan pilihan warna yang beragam.

Aplikasi yang ditawarkan oleh 4Axis Technologies ini telah diunduh lebih dari 5.000.000 kali, dan mendapatkan rating 4.0 di Play Store. Aplikasi ini kompatibel untuk perangkat Android versi 6.0 dan yang lebih tinggi.

8. dotpict – Easy to Pixel Arts

dotpict – Easy to Pixel Arts merupakan aplikasi menggambar yang cocok untuk kamu yang senang menggambar dengan gaya pixel art atau retro.

Kamu cukup memilih warna, kemudian arahkan kursornya, dan tekan. Mudah bukan? Dengan aplikasi semacam ini kamu tidak perlu bantuan stylush.

Terdapat beberapa ukuran kanvas yang dapat kamu pilih dan gunakan. Aplikasi menggambar yang ditawarkan oleh dotpict LLC ini telah diunduh lebih dari 1.000.000 kali, dan mendapatkan rating 4,4 di Play Store. Aplikasi ini kompatibel untuk perangkat Android versi 5.0 dan yang lebih tinggi.

9. Bamboo Paper

Bamboo Paper merupakan aplikasi menggambar yang sangat cocok digunakan untuk kamu yang memiliki tablet. Aplikasi ini akan memberikan tampilan seperti buku sketsa yang akan memudahkanmu dalam menggambar.

Aplikasi ini memiliki pilihan warna yang beragam, yang dilengkapi dengan fitur zoom untuk menggambar dengan lebih detail.

Aplikasi yang ditawarkan oleh Wacom Co. Ltd. ini telah diunduh lebih dari 1.000.000 kali, dan mendapatkan rating 4,3 di Play Store. Aplikasi ini kompatibel untuk perangkat Android versi 5.0 dan yang lebih tinggi.

10. MediBang Paint – Make Art!

GrabKios by Kudo merupakan aplikasi jualan pulsa yang menwarkan banyak keuntungan. Jika Anda memiliki warung atau grosir, GrabKios bisa digunakan untuk melayani pembelian pulsa dan tagihan, transfer uang, daftar mitra pengemudi Grab, antar-kirim barang, hingga menabung emas.

Aplikasi yang ditawarkan Kudo Digital Solutions ini telah diunduh lebih dari 1.000.000 kali, dan mendapatkan rating 4,1 di Play Store.

Aplikasi ini kompatibel untuk perangkat Android versi 4.1 dan yang lebih tinggi. Aplikasi ini kompatibel untuk perangkat Android versi 5.0 dan yang lebih tinggi.

11. ArtRage: Draw, Paint, Create

ArtRage merupakan aplikasi menggambar yang memungkinkan kamu untuk melukis dan menggambar secara nyata, yang dilengkapi dengan tools dan fitur yang akan sangat memudahkanmu dalam menggambar.

Tools yang ada pada aplikasi ini diantaranya, seperti Oil Brush, Watercolor, Airbrush, Palette Knife, Paint Roller, Paint Tube, Ink Pen, Pencil, Felt Pen, Wax/Chalk Pastel, Eraser, Flood Fill, Glitter Tube, Gloop Pen.

Aplikasi yang ditawarkan oleh Ambient Design Ltd. ini telah diunduh lebih dari 50.000 kali, dan mendapatkan rating 4,1 di Play Store. Aplikasi ini kompatibel untuk perangkat Android versi 4.1 dan yang lebih tinggi.

12. Clip Studio Paint Pro

Clip Studio Paint Pro merupakan aplikasi menggambar yang dapat kamu gunakan melalui PC. Aplikasi ini cocok untuk membuat sketch, ilustrasi, gambar, komik dan juga animasi. Clip Studio Paint Pro punya ribuan pilihan kuas dan cat warna realistis untuk menghasilkan lukisan gouache.

Clip Studio Paint Pro ini juga menawarakan model 3D dan referensi pendukung jadi kamu bisa mengimpor terus mengubah gambar dan model 3D menjadi garis-garis untuk digunakan di karya seni kamu atau cuma kamu simpan saja sebagai referensi. Aplikasi berbayar ini memiliki dua pilihan plan, yang menawarkan fitur yang berbeda.

Itulah 12 Aplikasi untuk Menggambar yang dapat Anda gunakan untuk menggambar dengan cepat dan mudah. Semoga informasi ini bermanfaat. Terima kasih.