Aplikasi Gratis yang Paling Populer di Google Play Store

Play Store menyediakan berbagai aplikasi yang dapat memberikan berbagai kemudahan dalam hal bisnis, komunikasi, maupun hiburan.

Dari segudang aplikasi yang ada di Play Store, terdapat aplikasi yang telah diunduh dan digunakan oleh banyak orang karena memiliki fungsi dan fitur yang sangat dibutuhkan.

Berikut merupakan Aplikasi Gratis yang Paling Populer di Google Play Store, antara lain:

1. WhatsApp Messenger

WhatsApp Messenger

WhatsApp Messenger adalah aplikasi chatting gratis, yang kompatibel untuk perangkat Android versi 4.1 dan yang lebih tinggi, serta smartphone lainnya. WhatsApp menghadirkan fitur mengirim pesan baik berupa teks, dokumen, gambar, video, dan lainnya.

Melalui aplikasi ini juga kamu dapat melakukan panggilan suara maupun video. Aplikasi ini juga menyedian chat grup yang memudahkan kamu untuk saling terhubung di satu ruang chat.

Kamu dapat mengakses WhatsApp pada komputer melalui WhatsApp Web dengan cara scan QR yang ada pada laman WhatsApp Web, melalui aplikasi WhatsApp yang ada pada perangkat ponsel yang kamu gunakan.

Aplikasi chatting yang dibuat oleh WhatsApp Inc. ini telah diunduh lebih dari 5.000.000.000 kali, dan mendapatkan rating 4,3 di Play Store.

2. Instagram

Instagram

Instagram merupakan salah satu media sosial yang sangat populer. Aplikasi ini menyediakan fitur Instagram Story dimana kamu dapat merekam atau memotret suatu moment untuk kemudian kamu upload, sehingga pengguna lain dapat melihat aktivitas yang kamu bagikan tersebut. Post yang kamu bagiakan melalui fitur Instagram story ini akan otomatis terhapus setelah 24 jam.

Instagram juga memiliki fitur live sehingga kamu dapat membuat tayangan secara langsung dan memungkinkan kamu untuk berinteraksi secara langsung dengan pengguna lainnya.

Instagram juga menyediakan berbagai fitur menarik lainnya, seperti adanya filter, box Q&A, GIF yang menarik, IGTV dan lainnya. Aplikasi yang merupakan bagian dari Facebook, Inc. ini telah diunduh lebih dari 1.000.000.000 kali, dan mendapatkan rating 4,4 di Play Store.

3. Facebook Lite

Facebook Lite

Facebook Lite merupakan aplikasi Facebook yang dibuat dengan tampilan yang lebih sederhana, sehingga hanya memerlukan sedikit ruang penyimpanan. Sama seperti aplikasi Facebook, dimana kamu dapat membuat dan membagikan status, membagikan foto dan juga video, dan juga saling berinteraksi antar pengguna lainnya.

Kamu juga dapat mengedit profil dan grup dan mencari orang yang kamu kenal melalui aplikasi Facebook Lite ini, kamu juga akan tetap mendapatkan notifikasi saat terdapat pengguna lain yang menyukai atau berkomentar pada unggahan yang kamu bagikan.

Pada dasarnya fungsi dari aplikasi ini memang sama seperti aplikasi Facebook, letak perbedaanya hanya pada tampilan dan beberapa fungsi lainnya. Aplikasi media sosial yang dibuat oleh perusahaan Facebook ini telah diunduh lebih dari 1.000.000.000 kali, dan mendapatkan rating 4,1 di Play Store.

4. Telegram

Telegram

Telegram merupakan aplikasi yang hanya dapat diinstal oleh pengguna berumur 17+. Aplikasi Telegram ini merupakan aplikasi chatting yang menawarkan berbagai kemudahan melalui berbagai fitur dan tampilannya yang sederhana. Melalui aplikasi chatting ini kamu dapat mengirim pesan dan media seperti gambar, video, dan juga dokumen secara cepat dan mudah.

Telegram memiliki kelebihan lainnya, yang menyediakan fitur grup chat dengan kapasitas 200.000 orang. Dan menghadirkan Secret Chat, dimana pesan akan otomatis terhapus baik pada perangkat penerima maupun pengirim pesan.

Aplikasi chatting yang dibuat oleh Telegram FZ-LLC ini telah diunduh lebih dari 500.000.000 kali, dan mendapatkan rating 4,5 di Play Store.

5. TikTok

TikTok

TikTok adalah platform sosial video pendek yang dipadukan dengan musik, yang kompatibel untuk Android versi 4.1 dan yang lebih tinggi. TikTok memungkinkan kamu untuk membuat video pendek dengan cepat dan mudah, yang hasilnya dapat dibagikan dan dilihat oleh pengguna lainnya. Saat ini fungsi TikTok semakin berkembang, bahkan dapat dijadikan sumber penghasilan.

Pasalnya berbagai hal yang viral di platform yang satu ini dapat mendongkrak penjualan secara signifikan, yang akhirnya membuat suatu barang menjadi sulit didapatkan atau harga jualnya menjadi naik.

Video yang dibuat untuk mempromosikan suatu barang juga selalu terkesan apa adanya, tidak dibuat seperti iklan, sehingga membuat banyak orang terpengaruh untuk membeli apa yang dipromosikan melalui unggahan video tersebut.

Aplikasi chatting yang dibuat oleh TikTok Pte. Ltd. ini telah diunduh lebih dari 100.000.000 kali, dan mendapatkan rating 4,4 di Play Store.

6. ZOOM Cloud Meetings

ZOOM Cloud Meetings

ZOOM Cloud Meetings merupakan aplikasi online meeting yang banyak digunakan, terlebih karena adanya penerapan WFH (Work From Home) yang menjadikan meeting online menjadi sebuah keharusan.

Aplikasi ini menghadirkan tampilan video dan audio tanpa cacat, memudahkan setiap orang untuk bergabung dalam suatu meeting, dan memungkinkan kamu untuk melakukan interaksi lintas platform yang dapat digunakan secara gratis.

ZOOM Cloud Meetings ini memberikan fitur meeting yang dapat menampung hingga 100 orang. Dan memiliki fitur kolaborasi papan tulis real time di tablet Android. Kamu juga dapat mengirim pesan, baik berupa file, gambar, tautan, dan gif dengan mudah.

Aplikasi ini yang dibuat oleh zoom.us ini telah diunduh lebih dari 100.000.000 kali, dan mendapatkan rating 3,6 di Play Store.

7. Snack Video

Snack Video

Snack Video adalah sebuah platform video singkat terbaru yang kompatibel pada Android versi 4.3 dan yang lebih tinggi. Melalui aplikasi Snack Video ini kamu akan menemukan video menarik, lucu, populer hingga terkini di Snack Video.

Video yang ditampilkan dalam aplikasi ini seperti video prank, lifehacks, kecantikan, hiburan, berita, binatang peliharaan, dsb. Kamu dapat beralih dari satu video ke video lainnya hanya dengan scroll layar ponselmu.

Aplikasi ini akan menampilakan video yang serupa dengan video yang kamu tonton, like dan share. Juga terdapat halaman trending yang menampilan konten yang mendapatkan like terbanyak dari para pengguna terlihat oleh semua orang.

Aplikasi platform video yang dibuat oleh Symphony Tech Pte. Ltd ini telah diunduh lebih dari 100.000.000 kali, dan mendapatkan rating 4,2 di Play Store.

8. CapCut

CapCut

CapCut merupakan aplikasi video editing yang menawarkan kemudahan dalam hal edit video, yang kompatibel pada Android versi 5.0 dan yang lebih tinggi. Selain memiliki tampilan yang memudahkan penggunanya, CapCut juga memiliki berbagai fitur yang menarik, salah satunya magical effects yang membuat video menjadi lebih menarik.

Dan kamu juga dapat menambahkan musik yang tersedia di menu music library, yang juga meyediakan exclusive copyright songs yang dapat kamu gunakan secara gratis. Dengan aplikasi CapCut kamu dapat menghasilkan kulaitas video yang tinggi.

Aplikasi video editing yang dibuat oleh Bytedance Pte. Ltd. ini telah diunduh lebih dari 100.000.000 kali, dan mendapatkan rating 4,5 di Play Store.

9. Shopee

Shopee

Shopee merupakan tempat belanja online yang menawarkan berbagai kemudahan dan penawaran yang menarik. Dari mulai harga produk yang murah hingga gratis ongkir yang membuat kamu dapat berbelanja dengan lebih hemat.

Shopee menyediakan pilihan ekespedisi dan cara pembayaran yang akan memudahkan kamu dalam melakukan transaksi pembelian. Dan adapun fitur layanan uang elektronik ShopeePay yang dapat digunakan untuk melakukan pembayaran online di platform Shopee dan offline di merchant ShopeePay.

Sebelum melakukan transaksi pembelian pastikan kamu telah mengecek penilaian Toko dari pembeli sebelumnya untuk memastikan toko online tepercaya. Pilih toko Shopee Mall dimana toko tersebut menyediakan barang dengan garansi 100% original dari Shopee.

Jika ada kendala dan hal lain yang ingin kamu tanyakan, kamu dapat menghubungi Customer Service yang beroperasi selama 24 Jam. Aplikasi online shopping yang dibuat oleh perusahaan Shopee ini telah diunduh lebih dari 100.000.000 kali, dan mendapatkan rating 4,7 di Play Store.

10. Google Meet

Google Meet

Google Meet merupakan aplikasi online meeting yang membuat kamu dapat saling terkoneksi dengan mudah. Google Meet dapat menampung 250 orang dalam satu pertemuan online dengan akses yang sangat mudah.

Aplikasi ini juga menyediakan fitur untuk mempilkan dokumen, slide, dan lainnya yang mendukung online meeting berjalan dengan baik. Aplikasi online meeting yang merupakan bagian dari Google LLC ini telah diunduh lebih dari 100.000.000 kali, dan mendapatkan rating 3,2 di Play Store.

11. Lazada Indonesia

Lazada Indonesia

Lazada merupakan aplikasi belanja online yang memberikan berbagai penawaran terbaik, juga memiliki Lazmall yang menyediakan jaminan 100% produk asli seperti Estee Lauder, Wardah, Adidas, L’Oreal, dan banyak lagi.

Temukan semua brand favoritmu di LazMall dengan kelebihan produk 100% original, 15 hari pengembalian, 1 hari pengiriman. Untuk memberikan kenyamanan dan kemudahan, aplikasi Lazada juga akan menampilkan rekomendasi produk sesuai dengan produk yang sebelumnya kamu cari dan masukkan ke keranjang belanja.

Untuk memudahkan kamu dalam melakukan pembayaran, Lazada menyediakan berbagai pilihan pembayaran yang aman dan terpercaya. Lazada akan mengirimkan kamu notifikasi untuk penawaran harian, diskon & voucher.

Aplikasi belanja online yang dibuat oleh Lazada Mobile ini telah diunduh lebih dari 100.000.000 kali, dan mendapatkan rating 4,5 di Play Store.

12. VN Video Editor Maker VlogNow

VN Video Editor Maker VlogNow

VN Video Editor Maker VlogNow merupakan aplikasi video editor yang memiliki beragam fitur, seperti trim & potong video / film / rekaman, blur backgroud dan fitur untuk menambahkan musik, stiker, timeline multi-layer, green screen dan efek pada video.

VN Video Editor Maker VlogNow memiliki tampilan yang akan memudahkan kamu dapat mengedit video. Dengan fiturnya yang lengkap dan kemudahan dalam penggunaannya, aplikasi ini dapat digunakan baik oleh pemula maupun seorang profesional.

Dengan 21 transisi antara klip video dan lebih dari 60 filter, dan fitur lainnya membuat kamu dapat menghasilkan video yang berkualitas. Aplikasi video editor yang dibuat oleh VN, LLC ini telah diunduh lebih dari 10.000.000 kali, dan mendapatkan rating 4,6 di Play Store.

Itulah Aplikasi Gratis yang Paling Populer di Google Play Store yang dapat kamu install dengan mudah. Dari mulai aplikasi editting, platform video, media sosial, hingga e-commerce yang disebutkan di atas, aplikasi apa yang sudah atau ingin kamu install? Semoga informasi ini bermanfaat. Terima kasih.