Aplikasi Edit Foto Paling Populer di Google Play Store

Aplikasi edit foto berfungsi agar sebuah foto menjadi lebih hidup dan memiliki makna tertentu. Pengaturan cahaya, tone foto, dan efek lainnya dirasa sangat penting agar sebuah foto memiliki hasil yang jauh lebih bagus dibanding hasil tangkapan kamera asli.

Saat ini tersedia beragam aplikasi yang memberikan berbagai fitur, baik secara instan maupun menggunakan tools tertentu. Dari mulai aplikasi edit foto yang sederhana yang bisa digunakan untuk pemula, sampai aplikasi edit foto yang biasa digunakan oleh para profesional. Berikut rekomendasi Aplikasi Edit Foto yang dapat Anda gunakan, antara lain:

1. Adobe Photoshop Express

Adobe Photoshop Express

Adobe yang sudah terkenal dengan aplikasi edit videonya ini, juga memiliki aplikasi Adobe Photoshop Express yang merupakan aplikasi edit foto yang sangat mudah digunakan bagi pemula sekalipun.

Adobe Photoshop Express ini memiliki fitur yang sangat lengkap, namun memang memerlukan kapasitas penyimpanan yang juga besar. Tetapi dengan fitur yang lengkap, seharusnya kapasitas penyimpanan tidak menjadi masalah.

2. Adobe Photoshop Lightroom

Adobe Photoshop Lightroom

Adobe memang sudah ahlinya dalam meluncurkan software edit video maupun foto. Adobe Photoshop Lightroom menjadi aplikasi lainnya, yang sudah tidak perlu diragukan lagi fungsinya.

Adobe Photoshop Lightroom hadir dengan beragam fitur yang Anda dapat nikmati secara gratis. Salah satu fitur yang ada di aplikasi ini adalah peningkatan kualitas pada foto dengan tujuan untuk mengubah dan memperbaiki gambar.

Adobe Photoshop Lightroom juga dapat membantu pengguna untuk menghilangkan jerawat yang ada di wajah. Dimana pengguna cukup menekan bantuan fitur adjustment brush dan spot removal yang telah disediakan.

3. PicsArt

PicsArt Photo Editor

PicsArt memiliki tampilan yang akan memudahkan Anda dalam mengedit foto. Aplikasi ini juga memiliki berbagai filter yang bisa digunakan sesuai dengan yang Anda inginkan.

Anda juga dapat memanfaatkan fitur kamera yang disediakan pada aplikasi, sehingga hasil foto tersebut dapat Anda edit secara langsung. Adapun fitur lain yang tersedia pada PicsArt ini seperti borders, clipart, collages, crop, rotate, dan text effect.

4. Pixlr

Pixlr

Pixlr adalah layanan edit foto online yang hadir dengan fitur yang lengkap, seperti crop, arange, cutout, mengubah saturasi warna, menambah teks, dan lainnya. Pixlr juga menghadirkan fitur layer, layaknya aplikasi Photoshop.

Bagi Anda yang tidak familiar dengan Photoshop dan ingin mencoba aplikasi edit foto online yang lebih mudah untuk digunakan namun tetap memiliki fitur yang lengkap, Pixlr ini adalah aplikasi yang cocok untuk Anda.

5. Canva

Canva

Canva menyediakan berbagai template yang sangat menarik, seperti template untuk media sosial, template untuk CV, template untuk brosur dan lainnya.

Canva memiliki tampilan yang sangat mudah digunakan, sehingga Anda dapat mengedit foto dengan nyaman. Aplikasi edit foto ini dapat Anda nikmati secara online.

6. Polarr

Polarr

Polarr adalah layanan edit foto online lainnya yang layak Anda coba. Anda bisa menambahkan filter, menambahkan efek, mengedit dan memotong, dan berbagai tools lainnya yang biasa ditemui di aplikasi edit foto online.

Polarr memiliki fitur tampilan dark mode dan tema standar, yang dapat Anda pilih sesuai dengan keinginan Anda. Polarr menyediakan layanan gratis dan juga berbayar, dengan memilih versi berbayar Anda dapat menikmati berbagai fitur yang tersedia dengan leluasa.

7. PicSay

PicSay

PicsSay menyediakan aplikasi berbayar dan juga gratis. Selain PicsArt, PicSay juga memiliki tampilan yang sederhana sehingga akan memudahkan Anda dalam penggunaan aplikasi ini. PicSay memiliki fitur unik, yakni doodle yang dapat menghasilkan foto menjadi lebih menarik.

Aplikasi ini juga dapat mengedit foto dengan memperbaiki warna foto maupun untuk menambahkan teks. Aplikasi ini juga menyiapkan fitur doodle sehingga foto menjadi lebih menarik.

8. Snapseed

Snapseed

Snapseed merupakan aplikasi edit foto yang memerlukan koneksi internet (online). Snapseed memiliki fitur yang cukup lengkap, seperti fitur tune image, crop, details, vignette dan sebagainya.

Fitur vignette ini berfungsi untuk memberikan gradiasi pada sebuah foto, gradiasi ini merupakan gelap terang yang sifatnya transparan yang akan menambahkan kesan mendalam pada sebuah foto.

9. Befunky

Befunky

Befunky ini adalah aplikasi edit foto online yang lengkap dan menghadirkan banyak pilihan filter/efek. Aplikasi edit foto yang satu ini juga memiliki fitur editing yang lengkap, termasuk efek beautify dan auto blur yang smooth. Untuk dapat menikmati fitur yang tersedia secara lengkap, Anda dapat melakukan upgrade aplikasi ke fitur berbayar.

10. Prisma Photo Editor

Prisma Photo Editor

Prisma Photo Editor ini juga memerlukan koneksi internet untuk dapat menjalankannya. Hal tersebut sangat wajar, mengingat aplikasi ini menyediakan banyak sekali filter yang dapat Anda gunakan sehingga memberikan hasil foto yang lebih baik.

Uniknya, Prisma Photo Editor menghadirkan fitur yang dapat mendeteksi objek yang ada di dalam foto untuk kemudian mengoptimalkan tampilannya.

11. GIMP

GIMP

GIMP yang merupakan singkatan dari GNU Image Manipulation Program ini menjadi salah satu aplikasi edit foto online terfavorit. Aplikasi ini memiliki konsep open source, yang memungkinkan penggunanya untuk menambahkan filter dan fitur ke dalam aplikasi secara bebas.

GIMP juga memiliki tools yang cukup lengkap dan mirip seperti Photoshop. GIMP dapat Anda jadikan sebagai opsi lainnya, untuk dapat mengedit foto dengan beragam fitur yang dapat diakses secara gratis. Dibalik beragam fiturnya, aplikasi edit foto ini memiliki tampilan yang memudahkan pengguna dalam melakukan editing.

12. Photopea

Photopea

Photopea memiliki tools yang lengkap, dengan tampilan yang tampak sama dengan Photoshop. Anda bisa menemukan tools untuk lens correction, brushes, layers, dan masih anyak lagi. Untuk hasil edit fotonya, Anda bisa menyimpannya dengan berbagai format umum, seperti PSD, GIF, PDF, JPG, hingga PNG.

Jika Anda terbiasa menggunakan Photoshop, dan ingin mencoba software lain dalam hal editing foto, Photopea dapat Anda jadikan pilihan karena aplikasi ini juga memiliki tampilan yang sangat memudahkan penggunanya.

Itulah Aplikasi Edit Foto yang kami rekomendasikan untuk Anda. Masing-masing aplikasi memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri, Anda dapat memilih aplikasi edit foto yang sesuai dengan apa yang kamu butuhkan. Semoga informasi ini bermanfaat. Terima kasih.