Apa Itu Website? Ini Penjelasannya

Semakin tinggi tingkat perkembangan Internet di Indonesia, semakin banyak pula pengetahuan tentang situs tersebut.

Situs web adalah situs web yang bisa dikatakan khalayak kunjungi setiap hari untuk berbagai kepentingan. Dari Google, Facebook, Twitter, CNN, Kompas, Tokopedia dan masih banyak lainnya.

Meskipun Anda berinteraksi dengan situs web setiap hari, tapi mungkin kurang mengetahu mengenai pengertian situs web itu sendiri.

Maka melalui artikel ini, kami akan membahas pengertian website beserta sejarah, elemen, jenis, manfaat hingga tahapan membangun website.

Pengertian Website

Situs web atau website adalah kumpulan halaman pada domain tertentu di Internet. Halaman-halaman ini dibuat untuk tujuan tertentu dan terkait satu sama lain, dan dapat diakses secara luas melalui beranda menggunakan browser menggunakan URL situs web.

Pengertian Website Menurut Para Ahli

Berikut di bawah ini pengertian wesite menurut para ahli, antara lain sebagai berikut.

1). Ferry Indayudha

Menurut Feri Indayudha website merupakan program yang dapat memuat film, gambar, suara dan musik yang ditampilkan di Internet.

2). Gregory, 2000: 30

Menurut Gregorius, website adalah kumpulan halaman web yang saling berhubungan, dan file-file di dalamnya saling berhubungan.

Web terdiri dari satu halaman atau lebih dan berisi kumpulan halaman yang disebut halaman muka. Halaman beranda ada di bagian atas dan halaman terkait ada di bagian bawah.

Umumnya, setiap halaman di bawah halaman beranda disebut subhalaman, yang berisi hyperlink ke halaman lain di web.

3). Suwanto Raharjo

Menurut Suwanto Raharjo, dibandingkan layanan lain (seperti ftp, gopher, news bahkan email), layanan Web merupakan salah satu layanan Internet yang paling banyak digunakan.

4). Ali Zaki dan komunitas Smitdev

Komunitas Ali Zaki dan Smitdev mendefinisikan "situs web" sebagai kumpulan halaman web yang terdapat dalam suatu domain, yang berisi 2 atau lebih halaman web.

5). Boone (Thomson)

Menurut Boone (Thomson), situs web adalah kumpulan dari serangkaian sumber daya grafis yang kaya, yang terhubung satu sama lain di Internet yang lebih besar.

6). Hakim Lukmanul (Hakim Lukmanul), 2004

Definisi website yang didefinisikan oleh Hakim Lukmanul adalah alat internet yang digunakan untuk menghubungkan dokumen lokal dan remote.

Dokumen di situs web disebut halaman web dan tautan di situs web memungkinkan pengguna untuk berpindah dari satu halaman ke halaman lain (hypertext) antara halaman yang disimpan di server yang sama dan server di seluruh dunia.

Akses dan baca halaman melalui browser seperti Netscape Navigator, Internet Explorer, Mozilla Firefox, Google Chrome dan aplikasi browser lainnya.

Sejarah Singkat Website

Sejarah Singkat Website

Situs web ini awalnya dibuat oleh Tim Berners-Lee pada akhir 1980-an dan ditayangkan pada tahun 1991. Tim Berners-Lee (Tim Berners-Lee) awalnya membuat situs web untuk memudahkan peneliti di tempat kerja untuk bertukar atau mengubah informasi.

Jika Anda ingin mengetahui tampilannya, silakan kunjungi tautan berikut http://info.cern.ch/. Pada saat itu, hanya Organisasi Eropa untuk Riset Nuklir (CERN) yang mengumumkan pada tanggal 30 April 1993 bahwa situs web tersebut menjadi gratis untuk penggunaan umum.

Situs web dapat dimiliki oleh individu, organisasi atau perusahaan. Biasanya situs web akan menampilkan informasi atau topik tertentu, meskipun banyak situs web saat ini menampilkan berbagai informasi tentang topik yang berbeda.

Elemen Situs Web

Elemen Situs Web

Ada 3 elemen yang sangat penting di situs web. Tanpa semua elemen ini, pengguna di Internet tidak akan pernah menemukan dan mengunjungi situs Anda. Tiga elemen yang dimaksud adalah:

1. Domain

Jika website itu seperti produk, maka nama domainnya adalah mereknya. Menggunakan nama domain yang menarik akan menarik orang ke situs web. Memilih nama domain yang unik juga memudahkan orang untuk mengingatnya untuk kunjungan mendatang.

2. Hosting

Sama pentingnya dengan domain, hosting memiliki fungsi untuk menyimpan semua database (script, gambar, video, teks dan sederet lainnya) yang dibutuhkan untuk membentuk sebuah website.

Terlalu banyak penyedia hosting di Indonesia, salah satunya Niagahoster yang bisa memberikan hosting terbaik untuk kecepatan akses website Anda.

3. Konten

Apabila pada website tidak terdapat konten maka dapat dikatakan bahwa website tersebut tidak mempunyai tujuan yang jelas. Konten pada website dapat berupa teks, gambar atau video.

Ada beberapa jenis situs web saat melihat dari konten yang disediakan. Misalnya media sosial, situs berita, situs jual beli, atau situs yang memuat konten berdasarkan minat, bakat, dan hobi.

Jenis – Jenis Situs Website

Jenis – Jenis Situs Website

Website merupakan media untuk menampilkan informasi. Pada awal kemunculannya, informasi yang ditampilkan di website hanya berupa informasi tertulis.

Saat ini, Anda tidak hanya dapat menampilkan informasi tertulis, tetapi juga dengan mudah menemukan berbagai jenis situs web.

Situs Web Pribadi

Situs web semacam itu dikelola secara terpisah yang biasanya seperti layanan blog WordPress, Blogger, Wix dan sederet lainnya. Namun, ada juga situs web untuk portofolio, seperti galeri fotografi, entri blog, video atau portofolio desain.

Contoh situs web yang dapat digunakan sebagai situs web pribadi meliputi: Galeri foto Paul Nicklen, situs web portofolio sutradara Lissette Donkersloot, foto dan video Taylor Gray, portofolio gabungan, atau resume interaktif Robby Leonardi.

Situs Web Bisnis dan Situs Web Perusahaan

Tujuan pembuatan situs tersebut adalah untuk menampilkan informasi yang berkaitan dengan merek atau profil perusahaan, yang berkaitan dengan memberi tahu pengguna tentang identitas mereka.

Jika Anda berencana membuat situs web jenis ini, sebaiknya buat halaman khusus yang berisi artikel ramah SEO untuk meningkatkan popularitas situs web Anda.

Situs Komunitas

Situs komunitas biasanya menggunakan ekstensi domain ".org". Tujuan situs web ini adalah untuk berbagi informasi antar anggota dan dapat digunakan sebagai papan informasi virtual atau forum diskusi.

Anda bisa mendapatkan domain gratis dengan ekstensi “.org” dengan membeli paket hosting Warrior terkecil di Dewaweb.

Situs Web E-niaga

Jenis situs web ini mengacu pada situs web apa pun yang dibuat untuk menjual barang atau jasa secara online. Selain menjual barang, Anda juga bisa menggunakan website e-commerce untuk menampilkan informasi tentang brand atau aktivitas yang sedang berlangsung di bisnis Anda.

Manfaat Website

Manfaat Website

Setelah Anda memahami apa arti website beserta elemen dan jenisnya, selanjutnya kita akan membahas mengenai manfaat dari website yaitu.

Manfaat Khusus

Berikut di bawah ini manfaat khusus dari website, antara lain sebagai berikut.

1). Perluas ruang lingkup promosi

Baik itu perusahaan atau individu, situs web kemungkinan besar akan digunakan sebagai sarana promosi diri. Selain reputasinya yang meningkat, jika website Anda berhasil masuk ke halaman pertama hasil pencarian Google dan memiliki SEO yang baik. Maka website Anda akan dikenal oleh lebih banyak orang dan banyak dikunjungi oleh pengguna internet.

2). Media tidak terbatas

Melalui situs web ini, Anda dapat memberikan informasi kepada pengunjung dan membantu mereka memperoleh informasi dan solusi atas masalah yang mereka hadapi.

Anda dapat mengandalkan situs web sebagai media promosi tanpa batas untuk produk atau layanan dalam waktu 24 jam. Kabar baiknya, situs web Anda juga dapat membantu Anda menghasilkan konversi yang sangat besar.

3). Wadah komunitas

Bergantung pada jenis situs web yang disebutkan di atas, Anda juga dapat menggunakan situs web tersebut untuk menjadi forum komunitas sesuai dengan minat Anda.

Misalnya, jika Anda pecinta bunga, Anda dapat membuat situs web untuk mempelajari cara merawat bunga untuk mengumpulkan orang-orang yang memiliki minat yang sama dan membuat organisasi.

Manfaat Umum

Berikut di bawah ini manfaat umum dari website, antara lain sebagai berikut.

1). Website bisa menjadi sarana hiburan yang murah meriah.

2). Website menjadi media untuk memperkenalkan perusahaan atau institusi.

3). Sebuah situs web dapat menjadi sarana informasi yang cepat dan mudah.

4). Website dapat digunakan sebagai sarana pendidikan public.

5). Sebuah situs web bisa menjadi cara untuk berkomunikasi dengan orang-orang di seluruh dunia.

6). Situs web dapat menjadi sarana pemasaran dan promosi bisnis yang paling efektif dan luas.

Tahapan Membangun Situs Web

Nah… jika dari pemaparan diatas Anda yang tertarik membangun website, berikut adalah tahapan-tahapan membangun website yang aplikatif:

Sistem/Teknik Informasi dan Pemodelan

Pada tahap ini, persyaratan untuk semua elemen sistem dibangun terlebih dahulu dan beberapa subset dari persyaratan perangkat lunak dialokasikan.

Tampilan sistem ini sangat penting ketika perangkat lunak harus berurusan dengan elemen lain (seperti perangkat lunak, orang, dan database).

Rekayasa dan analisis sistem melibatkan pengumpulan persyaratan tingkat sistem melalui sejumlah kecil analisis dan desain tingkat atas.

Rencana (plan)

Pada tahap ini, tentukan tujuan dari perangkat lunak yang akan diproduksi, lakukan analisis permintaan dan kumpulkan data yang diperlukan.

Proses pengumpulan persyaratan telah diperkuat dan difokuskan, terutama pada persyaratan perangkat lunak. Untuk memahami sifat program yang dibangun, analis harus memahami domain informasi, perilaku, kinerja dan antarmuka yang diperlukan.

Desain (desain)

Perancangan perangkat lunak sebenarnya merupakan proses multi-langkah, berfokus pada empat atribut berbeda. Yaitu struktur data, arsitektur perangkat lunak, representasi antarmuka, dan detail proses (algoritme).

Oleh karena itu, pada tahap ini proses perancangan harus didasarkan pada kebutuhan agar dapat memenuhi harapan sebelum memulai pengkodean.

Script (pemrograman)

Desain harus diterjemahkan ke dalam bentuk yang dapat dibaca mesin. Pada tahap ini, kode akan dibuat. Jika desain sudah selesai, pengkodean bisa diselesaikan secara mekanis.

Tes

Proses pengujian berfokus pada logika internal perangkat lunak untuk memastikan bahwa semua pernyataan telah diuji dan berfokus pada fungsi eksternal.

Yaitu memandu pengujian untuk menemukan kesalahan dan untuk memastikan bahwa hanya masukan terbatas yang dapat memperoleh hasil aktual sesuai kebutuhan.

Mempertahankan

Perangkat lunak dapat diubah setelah dikirimkan ke pelanggan. Karena beberapa kesalahan, perangkat lunak harus diubah untuk beradaptasi dengan perubahan di lingkungan eksternal. Ditambah lagi pelanggan perlu mengembangkan fungsi atau kinerja, sehingga perubahan dapat terjadi.

Demikian ulasan kami mengenai pengertian website beserta sejarah, elemen, jenis, manfaat hingga tahapan membangunnya. Semoga ulasan kami membantu dan terimakasih sudah singgah.