Apa Itu Sistem Informasi, Fungsi, Tujuan dan Bagaimana Mempelajarinya

Sistem informasi seringkali terdengar jika Anda sedang memilih jurusan untuk kuliah. Banyak kampus yang menawarkan jurusan Sistem Informasi (SI) sebagai program andalan dan menjanjikan.

Tidak bisa dipungkiri sistem informasi telah memberikan dampak yang besar bagi kehidupan sehari-hari manusia. Dan begitulah sehingga jurusan SI juga menjanjikan masa depan yang cerah sekarang ini.

Sebelum membahas lebih lanjut, ada baiknya baca dulu apa pengertian sistem informasi.

Secara umum, sistem informasi dapat diartikan sebagai sebuah sistem yang menyediakan informasi untuk manajemen dalam mengambil keputusan serta untuk menjalankan operasional perusahaan.

Dalam sistem terdapat kombinasi dari orang-orang, teknologi informasi, dan prosedur-prosedur yang tergorganisasi.

Pengertian Agar lebih jelas, berikut kami rangkum pengertian sistem informasi dari para ahli.

1). O’Brien, sistem informasi adalah kombinasi dari setiap unit yang dikelola orang-orang, hardware (perangkat keras), software (perangkat lunak), jaringan komputer, serta jaringan komunikasi data (komunikasi), dan database (basis data) yang mengumpulkan, mengubah, dan menyebarkan informasi tentang bentuk organisasi.

2). Mc Leod, sistem informasi diartikan sebagai sistem yang mempunyai kemampuan mengumpulkan informasi dari berbagai sumber dan menggunakan bermacam media untuk menampilkan informasi.

3). John F Nash, sistem informasi (SI) yakni kombinasi dari manusia, fasilitas atau alat teknologi, media, prosedur, dan pengendalian yang ditujukan untuk mengatur jaringan komunikasi yang penting, proses transaksi tertentu dan rutin, membantu manajemen dan pemakai intern dan ekstern, dan menyediakan dasar untuk pengambilan keputusan yang tepat.

4). Alter, sistem informasi diartikan sebagai tipe khusus dari sistem kerja dimana manusia dan atau mesin melakukan pekerjaan dengan menggunakan sumber daya untuk memproduksi produk tertentu dan atau jasa bagi pelanggan.

5). Henry Lucas, Sistem Informasi adalah suatu kegiatan dari prosedur yang diorganisir, dan jika dieksekusi akan menyediakan informasi untuk mendukung pengambilan keputusan dan pengendalian di dalamnya.

6). Gordon B. Davis (1991: 91), Sistem informasi merupakan suatu sistem yang menerima input data dan instruksi kemudian mengolah data sesuai dengan instruksi dan mengeluarkan hasilnya.

7). Kertahadi (2007), sistem informasi adalah alat untuk menyajikan informasi sedemikian rupa sehingga bermanfaat bagi penerimanya. Tujuannya adalah untuk memberikan informasi dalam perencanaan, memulai, pengorganisasian, operasional sebuah perusahaan yang melayani sinergi organisasi dalam proses mengendalikan pengambilan keputusan.

8). Rommey (1997: 16), sistem informasi adalah sistem yang diselenggarakan cara untuk mengumpulkan, memasukkan, mengolah, dan menyimpan data danterorganisir cara untuk menyimpan, mengelola, mengendalikan dan melaporkan informasi dengan cara yang suatu organisasi dapat mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

9). Tata Sutabri (2005:36), sistem informasi merupakan suatu sistem di dalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian yang mendukung fungsi organisasi yang bersifat manajerial dalam kegiatan strategi dari suatu organisasi untuk dapat menyediakan kepada pihak luar tertentu dengan laporan – laporan yang diperlukan.

10). Tafri D. Muhyuzir (2001: 8), sistem informasi adalah data yang dikumpulkan, dikelompokkan dan diolah sedemikian rupa sehingga menjadi suatu informasi yang berharga bagi yang menerimanya.

Tujuan Sistem Informasi

Berdasarkan deretan pengertian informasi dari para ahli di atas, bisa disimpulkan bahwa tujuan sistem informasi adalah untuk menghasilkan informasi.

Sebab sistem informasi adalah data yang diolah menjadi bentuk yang berguna bagi para penggunanya. Namun itu tidak cukup untuk disebut sistem informasi.

Data yang diolah akan dapat disebut sistem informasi bila memenuhi syarat seperti berikut:

– Relevance: Tepat kepada orangnya.

– Timeliness: Tepat waktu

– Accurate: Akurat atau tepat nilainya

Fungsi Sistem Informasi

Masih berdasarkan pendapat para ahli di atas, kita bisa melihat beberapa fungsi sistem informasi. Adapun fungsi sistem informasi adalah sebagai berikut:

– Meningkatkan aksesiblitas data dengan efektif dan efisien untuk pengguna.

– Menjamin ketersediaan kualitas juga keterampilan dalam memanfaatkan sistem informasi secara kritis

– Memperbaiki produktivitas aplikasi pengembangan dan pemeliharaan sistem

– Menentukan investasi yang hendak diarahkan pada sistem informasi

– Mencegah dan memahami konsekuensi ekonomi

– Mengidentifikasi kebutuhan terkait keterampilan pendukung sistem informasi

– Mengembangkan proses perencanaan yang efektif

Komponen Sistem Informasi

Sistem informasi memiliki beberapa komponen seperti dibawah ini:

– Komponen input, yakni data yang masuk ke dalam sistem informasi.

– Komponen model yakni kombinasi prosedur, logika, dan model matematika yang memproses data yang tersimpan pada basis data dengan cara yang sudah di tentukan untuk menghasilkan keluaran yang diinginkan.

– Komponen output yakni hasil informasi yang berkualitas dan dokumentasi yang berguna untuk semua tingkatan manajemen serta semua pemakai sistem.

– Komponen teknologi yakni alat dalam sistem informasi, teknologi digunakan dalam menerima input, menjalankan model, menyimpan dan mengakses data, menghasilkan dan mengirimkan output, serta memantau pengendalian sistem.

– Komponen basis data yakni sekumpulan data yang saling berhubungan yang tersimpan di dalam komputer dengan menggunakan software database.

– Komponen kontrol yaknk komponen yang mengendalikan gangguan terhadap sistem informasi.

Contoh Sistem Informasi

Salahsatu contoh sistem informasi yang mudah ditemukan adalah Transaction Processing System.

Sistem informasi jenis ini pada umumnya digunakan pada organisasi atau instansi yang melakukan kegiatan atau operasional tertentu secara rutin. Seperti misalnya transaksi keuangan, registrasi ulang secara berkala, dan lain sebagainya.

Contoh lainnya adalah Knowledge Work System dimana memuat berbagai informasi terbaru mengenai ilmu pengetahuan.

Ilmu pengetahuan yang dimuat selanjutnya dapat diakses oleh semua penggunanya dan digunakan untuk memecahkan berbagai macam masalah.

Bagaimana Mempelajarinya?

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, jika Anda tertarik dalam bidang sistem informasi, Anda bisa mengikuti kuliah di kampus pilihan Anda dan mengambil jurusan Sistem Informasi.

Apa yang akan Anda pelajari di Jurusan Sistem Informasi?

Ada beberapa mata kuliah yang akan Anda ikuti seperti

– Manajemen & Organisasi

– Wawasan Kebangsaan

– Sistem dan Teknologi Informasi

– Matematika Diskrit

– Bahasa Pemrograman

– Wawasan Teknologi & Komunikasi Ilmiah

– Algoritma & Struktur Data

– Sistem Operasi

– Desain & Manajemen Proses Bisnis

– Desain & Manajemen Jaringan Komputer

– Pemrograman Berbasis Web

– dan banyak lagi

Lalu setelah lulus apa prospek kerja Jurusan Sistem Informasi?

Mereka yang belajar di Sistem Informasi akan bisa bekerja di banyak bidang.

Dengan menekankan segi analisis bisnis dan manajemen, lulusan Sistem Informasi sangat cocok untuk masuk sebagai ahli IT di perusahaan.

Selain itu, kemampuan menggabungkan bisnis dengan programming sering menjadi kendala bagi seorang programmer yang lebih fokus ke sisi teknis seperti lulusan Teknik Informatika maupun Ilmu Komputer.

Adapun prospek pekerjaan untuk para lulusan SI adalah Business Analyst, Web Developer, Project Manager, E-Commerce System Developer, IT Manager, Database Administrator, System Analyst dan masih banyak lagi.

Demikianlah ulasan mengenai Sistem Informasi, mulai dari pengertian, fungsi, tujuan hingga bagaimana mempelajarinya. Semoga bermanfaat. (*)