Apa Itu OPPO? Berikut Penjelasan Lengkapnya

Pastinya di era digital sekarang ini, merek “OPPO” tidak lagi asing bagi khalayak. Ramainya produk elektronik OPPO yang didukung oleh kualitas dan pengalaman kenyamanan pengguna, mendukung perusahaan yang didirikan pada tahun 2004 ini semakin berkilau.

Namun, sebenarnya seberapa kenal ya kita dengan OPPO? Padahal mungkin, smartphone atau barang elektronik lain yang dimiliki hadir dari OPPO Electronic Corp. So, ya… Yuk simak sederet informasi penting tentang OPPO berikut!

Sejarah Singkat OPPO

OPPO Electronic Corp Didirikan pada tahun 2004 di Kota Dongguan, Provinsi Guangdong, Cina. Sebelum mulai berpetualang di pasar smartphone, Oppo memproduksi perangkat elektronik portable, pemutar media, TV LCD, pemutar CD, DVD dan e-book.

Dilanjutkan dengan OPPO kian gencar melakukan penetrasi ke arah teknologi ponsel pintar memiliki beberapa keunggulan produk di tahun 2008.

Smartphone yang disediakan oleh Oppo mulai merambah ke berbagai bidang ke berbagai negara seperti Qatar, Thailand, Vietnam, Rusia dan Amerika Serikat serta negara lainnya.

Pada tahun 2012, Oppo meluncurkan smartphone pertama Oppo yang disebut smartphone tertipis saat itu. Karena memiliki ketebalan kurang dari 1 cm atau lebih tepatnya 6.65 mm. Sejak itu, Oppo terus berkembang mempromosikan diri mereka sebagai merek elektronik berkualitas tinggi.

OPPO Smartphone

Oppo Indonesia atau biasa dikenal dengan PT. OPPO Electronics Indonesia berlokasi di gedung Jamsostek. Beralamat di jalan Menara Utara 12 A, Jl. Gatot Subroto No 38, Jakarta 12710, Indonesia.

Karena di Indonesia, OPPO memiliki kecenderungan laris di smartphone daripada produk elektronik lain, mari kita kerucutkan pembahasan kita pada OPPO Smartphone.

Hadir dengan visi “The art of technology”, OPPO Smartphone menggaungkan 3 misi yang elegan. Adapun Misi dari OPPO adalah sebagai berikut:

1). OPPO Smartphone akan senantiasa berusaha memberi kesan dan mengikat jiwa anak muda dengan desain yang elegan, penggunaan yang sempurna, pengembangan produk yang mementingkan pengguna dan layanan berkualitas. Serta yang paling penting, dedikasi dalam mengejar kesempurnaan.

2). OPPO Smartphone senantiasa berinovasi dalam menciptakan handphone canggih nan indah sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

3). OPPO mengadopsi strategi rilis cepat untuk pengembangan smartphone. Merilis pembaruan firmware juga membentangkan jangkauan dan servisnya di seluruh dunia.

Keunggulan dan Kekurangan OPPO Smartphone

Sebagai salah satu pemasok ponsel yang cukup besar, Oppo bekerja sangat keras untuk merilis ponsel untuk setiap ponsel. Dimana biasanya akan ada 4 hingga 5 seri HP Oppo yang keluar setidaknya dalam satu tahun.

Tak heran jika banyak orang juga yang mencari ponsel Oppo ini. Namun timbul pertanyaan besar terkait “kenapa harus banyak mencari HP Oppo? Apa kelebihan dan kekurangan ponsel Oppo ini?”

Berangkat pula dari Visi dan Misi OPPO Smartphone diatas, mari kita tilik seberapa relevan semua “rangkaian kata” yang dijual OPPO dengan kenyataannya. Berikut kami sajikan keunggulan dan kekurangan OPPO Smartphone!

Keunggulan OPPO Smartphone

Berikut di bawah ini keunggulan OPPO Smartphone, antara lain sebagai berikut.

1). Melahirkan ponsel sesuai selera pasar

Oppo kerap merilis beberapa jenis ponsel berdasarkan permintaan pasar. Saat tren selfie sedang marak, Oppo akan menampilkan beberapa ponsel yang fokus pada selfie. Saat orang menggunakan ponsel untuk bermain game, Oppo juga menyediakan fungsi untuk mendukung game ponsel.

Saat pasar membutuhkan ponsel dengan bezel tipis, Oppo juga akan meluncurkan produk menarik, seperti Oppo FindX. Ponsel ini merupakan salah satu ponsel dengan desain yang menarik dan konsep yang menarik. Kenapa tidak Oppo Find X adalah salah satu pelopor ponsel dengan bezel ultra tipis dan fungsi kamera tersembunyi.

2). Kamera selfie yang bagus

Oppo memiliki banyak lini produk seluler yang di Indonesia sendiri, Oppo fokus pada kelas menengah dan kelas harga murah (seri F dan seri A). Biasanya yang paling disegani adalah seri F. Setiap muncul seri F, Oppo akan selalu menyebut kamera depan, yakni kamera selfie.

Kamera depan atau kamera selfie dari seri Oppo F terbilang bagus, apalagi karena pada seri Oppo F5, kamera depannya sudah dibekali dengan teknologi AI Beautify. Hal inilah yang menjadikan seri HP Oppo identik dengan kamera selfie.

Tak hanya seri Oppo F, beberapa ponsel seri Oppo A juga dibekali kamera depan yang cukup bagus. Jangan tanya kalangan atas, seri Oppo R dan Find jelas punya kamera depan yang lumayan bagus.

Selain itu, Oppo R17 Pro merupakan salah satu ponsel Oppo yang tidak hanya memberikan hasil untuk kamera depan, tetapi juga untuk kamera belakang. Karena itulah, wajar jika ponsel OPPO akan selalu identik dengan kamera selfie. Tak heran jika banyak wanita, terutama pecinta selfie lebih suka menggunakan ponsel Oppo ketimbang ponsel merek lain.

3). Pengisian daya flash VOOC

Oppo memiliki teknologi pengisian cepat bernama VOOC Flash Charge, tentu teknologi ini menjadi nilai jual besar HP Oppo. Teknologi VOO Flash Charge ini memungkinkan ponsel terisi penuh dalam waktu singkat. Saat Oppo mulai masuk ke pasar Indonesia, teknologi VOOC Flash Charge menjadi salah satu nilai utama produk HP Oppo.

Misalnya, Oppo F9 bisa mendapatkan 2 jam waktu bicara setelah 5 menit pengisian. Contoh lain adalah ketika baterai ponsel 35%, maka akan terisi dalam waktu 20 menit, dan kemudian baterai ponsel dapat diisi hingga 70%.

Berdasarkan hasil tersebut, dapat dikatakan bahwa kecepatan pengisian VOOC Flash Charge 4 kali lebih cepat dari pengisian konvensional. Oppo juga semakin mengembangkan teknologi ini, yaitu Super VOOC Flash Charge yang disematkan di Oppo Find X Lamborghini Limited Edition.

Teknologi ini jelas lebih cepat daripada VOOC Flash Charge konvensional. Sayangnya, tidak semua ponsel Oppo mendukung VOOC Flash Charge. Fitur ini tidak disematkan di HP Oppo dengan harga terjangkau. Setidaknya tiga ponsel Oppo telah resmi dirilis di Indonesia untuk mendukung fitur ini, yakni Oppo F9, Oppo Find X, dan Oppo R17 Pro.

4). Desain selalu menarik

Desain bodi yang menarik dari ponsel Oppo ini menjadi daya tarik lainnya. Selain itu, pilihan warna yang ditawarkan juga sangat menarik. Tak heran jika HP Oppo kerap menarik perhatian orang pada desainnya.

5). Memiliki strategi pemasaran yang baik

Oppo merupakan salah satu merek HP yang banyak diminati di pasar Indonesia. Di antara berbagai data, Oppo biasanya menempati peringkat lima besar sebagai pemasok yang mengirimkan ponselnya.

Kekurangan OPPO Smartphone

Berikut di bawah ini kekurangan OPPO Smartphone, antara lain sebagai berikut.

1). Kualitas build OPPO Smartphone kurang bagus

Satu hal yang membuat Oppo kurang menarik adalah kualitas produknya yang kurang bagus. Oppo kerap kali memamerkan produk ponselnya dengan produk yang terkadang kalah dengan produk kompetitor.

Meski desain bodi ponsel saat ini sudah bagus dan eye-catching, biasanya desain tersebut masih terbuat dari plastik sehingga terkadang ponsel tersebut akan tampil kurang kokoh.

2). Harga Oppo second (bekas) biasanya turun tajam

Harga jual kedua atau second dari OPPO acap kali turun dengan sangat tajam. Berbeda dengan merk Samsung atau iPhone, second alias yang biasa digunakan dijual dengan harga yang cukup lumayan.

Memang wajar jika harga barang bekas merek ponsel turun, namun bagi Oppo hal itu patut diperhatikan. Pasalnya, misalnya, meski hanya digunakan selama seminggu, ada beberapa penjual atau counter ponsel yang tidak mau membeli ponsel Oppo bekas dengan harga yang pantas.

3). ColorOS yang terkadang menyulitkan

Semua jenis ponsel Oppo hadir dengan tampilan UI yang disebut ColorOS. UI merupakan antarmuka yang disediakan oleh Oppo dengan berbagai fungsi menarik.

Cuma terkadang, ColorOS ini kerap membuat HP terasa lebih berat. Meski memiliki banyak fitur menarik, hanya sedikit orang yang menganggap ColorOS seberat Oppo F7.

4). Pembaruan sistem operasi jarang tersedia

Kekurangan selanjutnya dari OPPO Smartphone adalah HP jarang mendapatkan update sistem operasi Android. Oppo memang cukup kecil untuk memberikan pembaruan sistem operasi.

Misalnya, Oppo F9 yang hadir dengan Android 8 Oreo belum tentu mendapatkan dukungan Android 9 Pie. Hal ini juga terjadi pada HP Oppo lama, walaupun hanya ada satu pembaruan sistem, biasanya jarang diterima. Kalaupun ada pembaruan sistem, biasanya hanya UI ColorOS yang akan diperbarui.

Demikian artikel kami yang menyajikan beberapa informasi terkait OPPO, mulai dari sejarah singkat, visi & misi, keunggulan, hingga kekurangan OPPO Smartphone.

Semoga ulasan kami memberikan wawasan baru dan membantu Anda lebih mengenal OPPO! Terimakasih sudah singgah.