Apa Itu Lenovo? Berikut Penjelasan Lengkapnya

Jika mendengar merek Lenovo, pikiran kita ingat laptop bukan? Ya, perusahaan komputer China terkenal ini berkantor pusat di Beijing, China. Bahkan pada tahun 2013, Lenovo dianggap sebagai perusahaan komputer terbesar di dunia.

Hmm … Tapi tahukah Anda jika kesuksesan semacam ini hanya dimulai di perusahaan kecil? Nah, jika Anda penasaran dan ingin menggali informasi seputar Lenovo, pastikan Anda membaca artikel ini hingga tuntas ya!

Sejarah Perusahaan Lenovo

Pada tahun 1984, Liu Chuanzi dan 10 orang lainnya mendirikan perusahaan bernama Legend (sekarang berganti nama menjadi Lenovo). Pada awal berdirinya, perusahaan memiliki modal yang sangat sedikit. Selain bermodal sangat sedikit, perusahaan mereka ini hanya bermarkas di ruang keamanan.

Pada awalnya, mereka hanya memulai bisnis komputer secara perlahan. Kemudian, seiring berjalannya waktu, legenda itu semakin dikenal luas di seluruh China.

Hal ini membuat perusahaan mereka tumbuh dan berkembang. Selain itu, ketika China bergabung dengan Organisasi Perdagangan Dunia, perusahaan tersebut menjadi semakin populer.

Masa Kejayaan Lenovo

Pada tahun 2004, Liu Chuanzi mengubah nama perusahaan dari Legend menjadi Lenovo. Dengan berganti nama perusahaan, perubahan nama ini rupanya juga membawa keberuntungan bagi Liu Chuanzi dan para karyawan yang mendirikan perusahaan tersebut. Kesuksesan mereka membuat Lenovo menempati peringkat kedelapan dalam kategori produsen komputer terbesar di dunia.

Pada tahun 2005, setelah Lenovo berhasil mengakuisisi IBM, sebuah perusahaan Amerika terkemuka, itu menjadi topik diskusi. Dengan bergabungnya IBM di bawah Lenovo, reputasi Lenovo di dunia semakin tinggi.

Masa Kelam Lenovo

Setelah kerjasama tersebut, Lenovo dan IBM berhasil merilis seri ThinkPad. Produk mereka mendapat respon yang baik pada masanya, sehingga penjualan mereka meningkat. Namun, durasi kesuksesan ini tidak cukup lama.

Pada tahun 2009, Lenovo mengalami kesulitan karena persaingan komputer yang ketat saat itu. Selain itu, meningkatnya kemakmuran perangkat seluler pada saat itu menyebabkan penjualan notebook Lenovo turun. Namun, Liu Chuanzi, CEO Lenovo, dapat menghabiskan waktu-waktu ini dengan mudah.

Memang Lenovo dianggap sebagai perusahaan divisi komputer terbesar saat itu, namun dari segi perangkat mobile, Lenovo masih kalah dengan pesaingnya. Meski demikian, Lenovo bukannya menyerah, melainkan terus berusaha untuk terus meningkatkan kualitas produknya.

Kebangkitan Lenovo

Untuk menyempurnakan perangkat selulernya, Lenovo berhasil mengakuisisi Motorola Mobile pada awal 2014. Bagi yang belum tahu, Motorola Mobile adalah perusahaan telekomunikasi terkemuka yang diakuisisi oleh Google sejak tahun 2012.

Dengan mengakuisisi Motorola Mobile dari Google, ini merupakan langkah besar bagi Lenovo untuk memantapkan dirinya dalam menghadapi persaingan perangkat seluler. Akuisisi perusahaan menjadi rekor sejarah terbesar kedua yang diraih Lenovo setelah mengakuisisi IBM sembilan tahun lalu.

Perkembangan Perusahaan Lenovo

Pasar yang berkembang untuk usaha kecil dan menengah (UKM) menjadi tujuan Lenovo Indonesia untuk melanjutkan perkembangannya. Memang, tidak semua perusahaan kecil dan menengah menjadi target utama Lenovo, melainkan perusahaan waralaba.

Pendekatan pemasaran yang diadopsi oleh Lenovo bekerja sama dengan penerima waralaba. Irene Santoso, Direktur Usaha Kecil dan Menengah di Jakarta, menjelaskan hal tersebut. Selama ini banyak perusahaan waralaba yang telah bekerjasama dengan Lenovo.

Menurut Irene, sebagai perusahaan yang bekerja langsung dengan Lenovo, kelebihannya adalah Lenovo dan perusahaan konsultan bisa menghubungi mereka secara langsung. Perusahaan berlisensi antara lain Cipta Tour, Apotek 24 (K24), Salemba (bimbingan belajar), Menurut Irene, UKM masih memiliki potensi besar di pasar komputer.

Faktanya, tujuan Lenovo adalah meningkatkan penjualan di pasar UKM sebesar 20% setiap tahun dan tumbuh setiap tahun. Asosiasi Waralaba dan Perizinan Indonesia (WALI) melaporkan pendapatan waralaba dari usaha waralaba mencapai Rp 120 triliun pada 2011.

Diperkirakan pada tahun 2012 pendapatannya akan tumbuh 20% atau mencapai Rp 144 triliun. Irene mengatakan pertumbuhan bisnis UKM / franchise juga akan berdampak signifikan bagi Lenovo.

Dengan Visi “YOUR TRULY VALUE & RELIABLE IT PARTNER”, Lenovo yakin bahwa permintaan komputer oleh perusahaan kecil dan menengah akan meningkat.

Misi

  1. Kepercayaan pelanggan, pemasok dan karyawan adalah modal utama kami.
  2. Kami akan memberikan nilai terbaik untuk setiap pelanggan. Bukan sekedar transaksi jual beli biasa.
  3. Kami akan melakukan yang terbaik untuk membantu dan menyelesaikan kebutuhan Anda secepat mungkin.
  4. Bagi kami, mitra saling menguntungkan bagi kedua belah pihak.
  5. Tanggung jawab adalah prioritas utama kami

Kelebihan dan Kekurangan Laptop Lenovo

Tampaknya, Lenovo akan terus memamerkan produk-produk unggulannya. Sejak 2008, menempati urutan kedelapan di antara produsen PC terbaik di dunia. Di pasaran Indonesia, produk laptop Lenovo sangat digemari terutama di kalangan pelajar dan pekerja kantoran.

Jika Anda sedang mencari laptop tak ada salahnya merek Lenovo bisa jadi pertimbangan. Sebab untuk memenuhi kebutuhan konsumen, Lenovo terus berinovasi menghadirkan fitur-fitur terbaik dengan harga bersaing.

Nah… sebagai bahan pertimbangan, AppNesia akan berikut ini akan memberikan kelebihan dan kekurangan laptop Lenovo. Langsung simak yuk!

Kelebihan Laptop Lenovo

Berikut di bawah ini kelebihan dan kelemahan laptop Lenovo, antara lain sebagai berikut.

1). Harga Relatif Bersaing

Lenovo sangat cocok untuk kegiatan belajar, khusus untuk seri Ideapad biasanya harganya sangat murah dan spesifikasinya sangat ketat. IdeaPad merupakan laptop terjangkau dengan performa tinggi.

Tidak hanya itu, sobat yang berada di arena juga peduli dengan kualitas tampilan dan sound system dengan spesifikasi yang bagus.

2). Memiliki sistem kelistrikan yang sangat baik

Keunggulan satu ini bisa dibuktikan dari keawetan dan konsistensi baterainya. Bagi pekerja dengan mobilitas terbatas, ini akan sangat berguna dan dapat diandalkan tanpa perlu khawatir dan khawatir mencari outlet listrik. Tentunya hal ini menjadi solusi terbaik bagi sahabat arena yang sibuk dengan aktivitas luar ruangan.

3). Hemat batrai

Mempertahankan daya penuh saat menjalankan game berat sambil mengisi daya sangat cocok bagi pecinta game dan film. Selain itu, laptop Lenovo memberikan kualitas suara yang sangat baik.

Hal ini dikarenakan Lenovo telah menyematkan teknologi audio Dolby Digital yang mampu menghasilkan suara yang sangat jernih dan bulat bahkan pada volume yang tinggi.

4). Lenovo juga memiliki sistem pendingin yang sangat baik

Sistem pendingin yang baik ini juga didukung dengan suara yang dihasilkan dari putaran kipas sangat kecil. Tentunya hal ini akan membuat para pengguna yang tidak mengeluarkan suara dari kipas merasa nyaman.

Kelemahan Laptop Lenovo

Berikut di bawah ini kelemahan dan kelemahan laptop Lenovo, antara lain sebagai berikut.

1). Pusat layanan tidak tersebar luas di Indonesia

Kekurangan ini tentu saja menjadi pertimbangan besar, yakni service center yang belum banyak digunakan di Indonesia. Yang pasti, jika laptop rusak, konsumen akan kesulitan. Selain itu, konsumen akan kesulitan mendapatkan jaminan langsung di wilayah tertentu.

2). Pada beberapa jenis, cangkang tubuhnya tidak terlalu kuat

Lenovo telah merilis berbagai produk di pasaran, tentunya berbagai seri produk yang dikeluarkan Lenovo memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Namun satu hal yang sangat mengecewakan adalah cangkangnya tidak terlalu kuat atau terlihat rapuh pada beberapa tipe. Sangat tidak nyaman untuk dibawa di jalan, karena layar tidak akan menahan tekanan dari barang lain saat dibawa dalam tas.

Demikian ulasan kami mengenai Lenovo yang mengulik mulai dari sejarah, perkembangan, hingga kelebihan dan kekurangan produk laptopnya. Semoga ulasan kami memberikan informasi baru seputar Lenovo untuk Anda! Terimakasih sudah singgah.