Advanced IP Scanner: Fungsi, Fitur, Cara Menggunakan hingga Kelebihan dan Kekurangan Advanced IP Scanner

Bagi Anda yang memerlukan alat pemindai, Advanced IP Scanner bisa menjadi aplikasi yang patut Anda pertimbangkan. Sebab, Advanced IP Scanner mampu memindai ratusan alamat IP secara simultan dengan kecepatan tinggi.

Advanced IP Scanner juga mendukung pemindaian HTTP, HTTPS, FTP dan shared folder. Alat ini berfungsi untuk memindai jaringan Anda demi mendapatkan detail informasi mengenai semua perangkat yang terhubung termasuk nama komputer dan MAC address-nya.

Fungsi Fitur yang Ditawarkan Advanced IP Scanner

Berikut di bawah ini fungsi fitur yang ditawarkan Advanced IP Scanner, antara lain sebagai berikut.

Fast Network Scanning

Sebagai fitur utama, Fast Network Scanning berfungsi memindai ratusan alamat IP secara simultan dengan kecepatan tinggi.

Integration with Radmin remote access software/Remote PC Shutdown

Fitur ini memungkinkan untuk men-shut down PC  sistem operasi Windows  yang terhubung di jaringan, dimana pengguna memiliki hak akses default atau menentukan login dan password untuk shutdown.

Guna fitur ini sangat didambakan bagi administrator jaringan, sebab bisa digunakan untuk mematikan computer-komputer pada akhir hari kerja.

Wake-On-LAN

Wake-On-LAN bisa melakukan tindakan menghidupkan computer jarak jauh dengan menggunakan IP Scanner, dengan syarat kartu jaringan PC yang digunakan mendukung fitur “Wake-On-LAN”.

Memanggil Daftar Favorit

Advanced IP Scanner memungkinkan pengguna menyimpan daftar komputer yang akan dipindai dalam daftar Favorites dan secara otomatis memanggil Favorit pada saat start-up.

Tentu fitur yang sangat berguna bagi kebutuhan pemindai ini mampu menarik khalayak untuk menggunakannya. Namun, pertanyaan selanjutnya adalah apakah alat ini mudah digunakan?

Nah… untuk menjawab pertanyaan tersebut, berikut kami bagikan cara menggunakan Advanced IP Scanner dalam salah satu fungsinya, yaitu mengetahui IP Router Wifi.

Cara Menggunakan Advanced IP Scanner

Berikut di bawah ini cara menggunakan Advanced IP Scanner, antara lain sebagai berikut.

1). Tentunya sudah memiliki aplikasi Advance IP scanner.

2). Koneksikan PC/laptop dengan WiFi yang ingin diketahui IP-nya lewat jalur kabel ataupun wireless.

3). Pada menu bar, ketik IP yang akan di scan. Dengan ketentuan jika menggunakan sebuah jaringan kecil (range kecil), silakan cek network atau access point yang akan di monitoring.

4). Buka aplikasi Advance IP scanner, lalu biarkan IP 192.168.1.1-192.168.1.254 sebagai default.

5). Klik tombol SCAN, tunggu proses scanning IP beberapa detik.

6). Perhatikan hasil scan dengan baik, dimana hal yang perlu diketahui ada pada bagian status pojok kiri bawah Advanced IP Scanner. Dengan penjelasan bahwa 2 alive berarti hidup, 7 dead berarti mati dan 255 unknown. IP hidup yang ditandai dengan icon jaringan warna hijau dan mati warnanya abu-abu.

7). Lakukan di-ping lewat komputer IP tersebut, lalu buka IP itu di address bar browser Anda.

8). Pengguna juga bisa melakukan testing remote dengan cara membuka file program dan melakukan copy atau pindah data. Jika program ini berhasil, artinya pengguna bisa melakukan remote pada PC tersebut.

Tentu melalui ragam fitur yang fungsional dari Advanced IP Scanner, menghasilkan kelebihan disertai kekurangan.

Sebagai pertimbangan Anda sebelum memutuskan menggunakan Advanced IP Scanner untuk membantu kebutuhan pemidai, berikut kami bagikan kelebihan dan kekurangannya.

Kelebihan Advanced IP Scanner

Berikut di bawah ini kelebihan Advanced IP Scanner, antara lain sebagai berikut.

1). Memilki tampilan yang sederhana.

2). Ramah pengguna melalui tawaran fitur yang memukau, namun tetap mudah digunakan.

3). IP Scanner dan Radmin sangat terintegrasi, sehinggan memungkinkan pengguna memindai jaringan, menemukan semua computer yang menjalankan Radmin Server dan terhubung ke salah satu dari mereka dengan hanya satu klik. Radmin ini juga memanjakan pengguna melalu kemampuan mengakses PC dengan Kontrol Penuh, Transfer File dan mode Telnet.

4). Menghadirkan proses scan yang cepat demi menghemat waktu pengguna.

5). Fitur remote shut down dan remote wake up tentu menjadi keunggulan Advanced IP Scanner yang tidak dimiliki aplikasi pesaing yang serupa.

Kekurangan Advanced IP Scanner

Berikut di bawah ini kekurangan Advanced IP Scanner, antara lain sebagai berikut.

1). Advanced IP Scanner terlalu membebani jaringan pengguanya.

2). Radmin, yang menjadi salah satu keunggulan Advanced IP Scanner nyatanya harus diinstal secara terpisah. Tentunya hal ini merepotkan pengguna untuk dua kali melakukan penginstallan, serta memenuhi ruang perangkat PC/laptop pengguna.

Demikian ulasan kami mengenai Advanced IP Scanner, mulai dari fungsi dari ragam fitur, langkah menggunakan, hingga kelebihan dan kekurangannya. Semoga informasi kami bermanfaat dan dapat mambantu Anda memindai melalui aplikasi Advanced IP Scanner. Terimakasih sudah singgah!