Ada Aplikasi SINAR, Warga Bisa Urus SIM Online

Polri telah membuat berbagai revolusi terhadap pelayanan publik salahsatunya mempermudah membuat SIM dan memperpanjangnya tanpa harus datang ke kantor polisi.

Kepolisian Republik Indonesia meluncurkan aplikasi pembuatan SIM baru dan perpanjangan SIM A dan C bernama SINAR (SIM Nasional Presisi) pekan ini.

Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit, mengatakan aplikasi SINAR akan memudahkan masyarakat yang ingin membuat dan memperpanjang SIM tanpa harus antre.

“Dengan dirilisnya aplikasi ini, memudahkan masyarakat dalam perpanjangan SIM A dan C yang bisa dilakukan di rumah maupun dimana saja,” kata Listyo,.

Bagaimana caranya?

Warga yang ingin mengurus SIM hanya perlu mengunduh aplikasi tersebut melalui ponsel, mengikuti prosedur pembuatan atau perpanjangan di aplikasi, lalu SIM akan diantar ke rumah pemohon.

“(Untuk) pengiriman bisa dipilih, masyarakat bisa datang ke SATPAS terdekat atau (SIM) bisa dikirim langsung karena kita kerjasama dengan kantor pos,” kata Listyo.

Saat ini aplikasi itupun sudah bisa diunduh di Google Playstore. Namun masih tersedia hanya untuk pengguna android.

Cara Memperpanjang SIM Secara Online

Berikut di bawah ini cara memperpanjang SIM secara online, antara lain sebagai berikut.

1). Unduh aplikasi “Digital Korlantas Polri” melalui Google Play Store.

2). Masukkan nomor ponsel dan e-mail untuk verifikasi identitas. Pemohon akan mendapatkan nomor OTP yang menjadi bukti verifikasi pengguna.

3). Masukkan NIK beserta nama lengkap sesuai KTP yang akan di-upload untuk diverifikasi melalui face recognition.

4). Untuk perpanjangan SIM A dan C, pengguna pilih ikon ‘SINAR’ lalu pilih perpanjangan SIM.

5). Pilih golongan SIM yang ingin diperpanjang.

6). Unggah foto KTP, foto SIM, foto tanda tangan, dan pas foto dengan dilengkapi hasil pemeriksaan kesehatan dan psikologi.

7). Permohonan pemeriksaan psikologi dan kesehatan diajukan melalui aplikasi tersebut.

8). Pemohon melakukan pemeriksaan melalui e-rikkes (elektronik pemeriksaan kesehatan), caranya ialah pilih menu registrasi dan memasukkan NIK dan foto selfie.

9). Pemohon mendapatkan booking code yang ditunjukkan saat kunjungan ke dokter.

10). Adapun rekomendasi dokter pada aplikasi SINAR adalah dokter yang sudah diberikan rekomendasi oleh Pusdokkes Polri

11). Dokter akan melakukan update hasil pemeriksaan pada aplikasi e-rikkes. Apabila pemohon memenuhi syarat, maka hasil tes akan terkirim otomatis. Kalau tidak memenuhi syarat, perpanjangan SIM gagal. Hal itu juga berlaku untuk tes psikologi.

12). Apabila perpanjangan SIM berhasil, pemohon memilih metode pengiriman, yakni diambil sendiri sesuai Satpas yang dipilih, diambil menggunakan surat kuasa, atau menggunakan jasa pengiriman.

13). Melakukan pembayaran melalui virtual account BNI.

14). SIM dicetak dan diterima pemohon sesuai metode pengiriman.

15). Konfirmasi SIM telah diterima.

Namun berdasakan deskripsi aplikasi di Play Store, saat ini, yang sudah bisa diunduh adalah aplikasi Digital Korlantas Polri sementara layanan pembuatan SIM baru di aplikasi SINAR baru akan tersedia dalam beberapa waktu mendatang. (*)