15+ Pengertian Lingkungan Menurut Para Ahli

Kehidupan manusia di dunia tentu tak terlepas dari lingkungan. Maka tak heran jika kita sering mendengar ungkapan bahwa sikap satu manusia bergantung pada lingkungannya.

Lantas apakah yang dimaksud dengan lingkungan itu? Agar sama-sama belajar, yuk simak ulasan mengenai pengertian lingkungan menurut ahli dan manfaat lingkungan berikut!

Pengertian Lingkungan Menurut Ahli

Berikut dibawah ini pengertian lingkungan menurut ahli, antara lain.

1. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Jika membuka Kamus Besar Bahasa Indonesia, kita kan menemukan pengertian lingkungan sebagai suatu kawasan (wilayah dan sebagainya) yang termasuk di dalamnya. Dapat juga diartikan sebagai bagian dari wilayah dalam kelurahan yang merupakan lingkungan kerja bagi penyelenggaraan pemerintahan desa.

2. Encyclopedia of Forestry

Dalam Encyclopedia of Forestry dituliskan bahwa lingkungan adalah jumlah total faktor non-genetik yang mempengaruhi pertumbuhan reproduksi pohon.

3. Jonny Purba

Jonny Purba berpendapat bahwa lingkungan hidup adalah wilayah yang merupakan tempat berlangsungnya bermacam-macam interaksi sosial. Dimana interaksi ini terjadi antara berbagai kelompok beserta pranatanya dengan simbol dan nilai.

4. Darsono (1995)

Menurut Darsono, pengertian lingkungan hidup ialah semua benda dan keadaan. Termasuk manusia dan aktivitasnya, terdapat dalam ruang tempat manusia hidup dan mempengaruhi kelangsungan hidup,kesejahteraan manusia serta makhluk hidup lainnya.

5. Emil Salim (1976)

Pengertian lingkungan menurut Salim diartikan sebagai segala benda, kondisi, keadaan dan pengaruh yang terdapat di dalam ruangan. Ruangan yang dimaksud ialah tempat kita menempatkan dan mempengaruhi makhluk hidup, termasuk kehidupan manusia.

6. Munajat Danusaputra

Ahli bernama St. Munajat Danusaputra juga memberikan definisi lingkungan sebagai segala benda dan keadaan termasuk manusia serta aktivitasnya. Dimana semua hal ini berada dalam ruang dimana manusia berada dan mempengaruhi kelangsunga hidup, kesejahteraan hidup serta jasad renik lainnya.

7. Soedjono

Pengertian Soedjono, lingkungan hidup mencakup semua unsur dan faktor fisik yang ada di alam, termasuk hewan, tumbuhan juga manusia.

8. Munadjat Danusaputro

Munadjat Danusaputro mengatakan bahwa yang dimaksud dengan lingkungan hidup adalah segala benda dan kekuatan serta keadaan. Termasuk yang ada pada manusia dan segala perbuatannya yang berada dalam ruang tempat manusia berada dan mempengaruhi kelangsungan hidup serta kesejahteraan manusia serta makhluk hidup lainnya.

9. Otto Soemarwoto

Pengertian lingkungan menurut Otto Soemarwoto adalah penjumlahan semua benda dan keadaan yang terdapat dalam ruang di suatu tempat yang mempengaruhi kehidupan yang lainnya. Secara teoritis bahwa ruang tidak dibatasi jumlahnya, tetapi secara praktis ruang selalu diberikan batasan. Batasan ini haruslah sesuai dengan kebutuhan yang dapat ditentukan, misalnya sungai, laut, jurang, faktor politik atau faktor lainnya.

10. Amsyari (1989)

Selanjutnya ada pengertian lingkungan menurut Amsyari terbagi menjadi 3 kelompok dasar. Pertama adalah lingkungan fisik, yaitu segala sesuatu di sekitar manusia yang terbentuk dari benda-benda mati, seperti udara, air, rumah, dan batu.

Kedua adalah lingkungan biologis, yaitu semua unsur di sekitar manusia yang menyerupai organisme hidup selain yang ada pada manusia itu sendiri, seperti hewan dan tumbuhan. Ketiga, lingkungan sosial yaitu manusia lain yang berada dalam masyarakat.

11. J. McNaughton dan Larry L. Wolf

S.J. McNaughton dan Larry L. Wolf mengartikan lingkungan hidup sebagai semua faktor eksternal yang bersifat biologis dan fisik. Dalam pengertian ini dijelaskan pula bahwa lingkungan mempengaruhi kehidupan, pertumbuhan, perkembangan dan reproduksi organisme.

12. Sri Hayati

Sri Hayati mengemukakan pendapatnya bahwa pengertian lingkungan sebagai kesatuan ruang dengan segala bendanya juga merupakan keadaan makhluk hidup. Termasuk di dalamnya manusia dan perilakunya yang menopang kehidupan dan kesejahteraan manusia serta makhluk hidup lainnya.

13. Sambas Wirakusumah

Pengertian lingkungan hidup menurut Sambas Wirakusumah adalah semua aspek kondisi biologis eksternal. Dimana organisme hidup dan ilmu-ilmu lingkungan menjadi kajian tentang aspek lingkungan organisme itu.

14. Michael Allaby

Pengertian lingkungan menurut Michael Allaby diartikan sebagai lingkungan fisik, kimia dan biotik yang melingkupi kehidupan organisme.

15. Bintarto

Bintarto mengatakan bahwa pengertian lingkungan hidup adalah segala sesuatu yang ada di sekitar kita. Baik yang berupa benda maupun bukan benda yang dapat mempengaruhi dan dipengaruhi oleh sikap dan tindakan kita.

Manfaat Lingkungan

Dengan kemampuan yang dimilikinya, manusia tidak hanya bisa beradaptasi. Namun, manusia juga dapat memanfaatkan potensi lingkungan untuk lebih mengembangkan kualitas hidupnya. Bagi manusia, selain sebagai tempat tinggal, lingkungan juga dapat dimanfaatkan sebagai:

  • Lingkungan sebagai sumber energy misalnya smber bahan mineral yang dapat dimanfaatkan untuk menunjang kelangsungan hidup manusia
  • Media untuk memproduksi kebutuhan pokok diantanya adalah sandang, pangan dan papan
  • Lingkungan sebagai wahana untuk bersosialisasi dan berinteraksi dengan makhluk hidup lain atau manusia
  • Media ekosistem dan pelestarian flora dan fauna serta sumber daya alam lainnya yang dapat dilindungi untuk dilestarikan.

Demikian ulasan kami mengenai pengertian lingkungan menurut ahli lengkap dengan manfaatnya.

Semoga ulasan kami dapat memabntu kamu, khususnya dalam mengetahui pengertian lingkungan dan lebih memahami cara memanfaatkannya. Terimakasih sudah singgah dan semangat belajar terus ya!