11+ Pengertian Perencanaan Menurut Para Ahli

Tentunya masing-masing dari kita pernah membuat perencanaan. Dengan kata perencanaan sendiri juga sudah tidak asing lagi ya.

Namun, apakah kita sudah memahami definisi dari kata “perencanaan”? Agar sama-sama belajar, yuk simak pengertian perencanaan menurut para ahli berikut!

Pengertian Perencanaan

Perencanaan sendiri merujuk pada suatu proses menentukan hal-hal yang ingin dicapai di masa depan. Serta sebagai penentuan berbagai tahapan yang diperlukan untuk mencapai tujuan tersebut.

Perencanaan juga dapat didefinisikan sebagai kegiatan yang sudah terkoordinasi dengan baik. Tak lain adalah untuk mencapai tujuan tertentu dalam jangka waktu tertentu.

Dengan begitu, dalam perencanaan akan terdapat pengujian pada beberapa arah penilaian. Termasuk menilai ketidakpastian, mengukur kemampuan, menentukan arah, serta menentukan langkah untuk mencapainya.

Sederhananya, perencanaan adalah proses berpikir secara logistik dan pengambilan keputusan rasional sebelum melakukan suatu tindakan. Dimana hal ini dapat membantu kita memproyeksikan masa depan dan memutuskan cara menghadapi situasi yang akan dihadapi di masa depan.

Kehadiran perencanaan sendiri menjadi salah satu fungsi dari manajemen yang paling penting. Dimana dalam perencanaan terkait, terdapat aktivitas mendefinisikan tujuan organisasi, membuat strategi serta mengembangkan rencana kerja organisasi. Bisa dikatakan bahwa perencanaan ialah tahap awal dalam kegiatan suatu organisasi terkait dengan tujuan organisasi tersebut.

Pengertian Perencanaan Menurut Para Ahli

Berikut dibawah ini pengertian Perencanaan menurut para ahli, antara lain.

1. Rustiadi

Perencanaan sebagai proses menentukan apa yang ingin dicapai di masa yang akan datang. Rustiadi juga mengatakan bahwa menetapkan tahapan-tahapan sangat dibutuhkan untuk mencapai tujuan.

2. Handayaningrat

Handayaningrat mendefinisikan perencanaan yaitu berbagai proses untuk dapat mempersiapkakn seperangkat keputusan. Dalam hal ini ialah tentang kegiatan-kegiatan yang akan datang, dengan tujuan tujuan pengguanaan bahan pendukung melalui semua yang tersedia.

3. Erly Suandy

Erly Suandy berpendapat bahwa perencanaan ialah suatu tujuan yang menargetkan organisasi serta yang kemudian menyajikannya dengan jelas taktik. Juga strategi-strategi dan operasi yang diperlukan untuk dapat mencapai organisasi secara menyeluruh.

4. Barbara Becker

Becker memberikan definisi yang singkat namun padat terkait perencanaan. Disebutkannya bahwa perencanaan adalah salah satu cara rasional untuk mempersiapkan masa depan.

5. Alder

Selanjutnya hadir Alder yang mengatakan bahwa perencanaan adalah semua proses menentukan apa yang ingin dicapai. Pencapaian ini dimaksudkan pada masa yang akan datang, itulah sebabnya penting untuk menetapkan tahapan-tahapan yang diperlukan untuk mencapainya.

6. Steiner

Definisi perencanaan Steiner adalah beberapa proses memulai dengan sasaran-sasaran, kebijakan dan juga batasan strategi. Termasuk rincian rencana untuk mencapainya, pencapaian organisasi untuk menerapkan keputusan. Tidak lupa pula harus adanya sistem dan umpan balik terhadap pengenalan siklus perencanaan baru.

7. Garth N. Jone

Hadir juga Garth N.Jone yang mengatakan bahwa perencanaan yaitu segala proses pemilihan. Termasuk pula pengembangan dari tindakan yang paling baik untuk melakukan tugas.

8. Terry

Merencanakan tak lain adalah sesuatu pemilihan dan menghubungkan fakta-fakta. Dimana selanjutnya membuat serta menggunakan asumsi-asumsi yang berkaitan dengan masa datang dengan menggambarkan kegiatan-kegiatan tertentu. Diyakini bahwa hal ini sangat diperlukan untuk mencapai suatu hasil tertentu.

9. Jaqueline Alder

Pengertian perencanaan menurut Alder adalah proses menentukan apa yang ingin dicapai di suatu masa yang akan datang. Serta menetapkan tahapan-tahapan yang dibutuhkan untuk mencapainya.

10. John Douglas

Menurut Douglas, perencanaan adalah suatu proses kontinu dari pengkajian. Dengan membuat tujuan dan sasaran, kemudian mengimplementasikan serta mengembangkan atau mengontrolnya.

11. George Steiner

Menurut Steiner, perencanaan adalah suatu proses memulai dengan-sasaran. Dimana didalamnya terdapat batasan strategi, kebijakan dan rencana untuk mencapainya. Mencapai tujuan dibarengi dengan penerapan keputusan, termasuk umpan balik terhadap pengenalan siklus perencanaan baru.

Karakteristik Perencanaan

Setelah memahami pengertian dari perencanaan, selanjutnya yang harus dipahami adalah karakteristik dari perencanaan itu sendiri.

Sebab terdapat beberapa karakteristik yang membedakannya dengan fungsi manajemen lainnya. Adapun beberapa karakteristik perencanaan adalah sebagai berikut:

Fungsi Manajerial

Perencanaan merupakan fungsi manajerial yang pertama dan terpenting yang memberikan dasar bagi fungsi-fungsi manajemen lainnya.

Diantaranya adalah pengorganisasian, penyusunan staf, pengarahan dan pengendalian. Tak lain karena dilaksanakan dalam lingkup rencana yang dibuat.

Proses Intelektual

Perencanaan tak lain sebagai proses pelatihan mental yang melibatkan penerapan logika. Dalam hal ini diperlukan tindakan berpikir, memperkirakan, membayangkan secara cerdas dan berinovasi.

Futuristik

Dalam proses perencanaan, kita bisa ‘mengintip’ ke masa depan. Termasuk didalamnya memproyeksikan masa depan, melakukan analisis dan memprediksinya. Sehingga organisasi dapat menghadapi tantangan masa depan secara efektif.

Berorientasi pada Tujuan

Perencanaan ini berperan penting dalam mendefinisikan tujuan organisasi. Serta mengidentifikasi tindakan alternative dan memutuskan rencana tindakan yang tepat untuk dilakukan demi mencapai tujuan.

Pervasif

Pemahaman yang meresap dalam hal ini, perencanaan harus hadir di semua segmen dan diperlukan di semua tingkatan organisasi. Meskipun ruang lingkup perencanaan bervariasi di berbagai tingkat dan departemen.

Berkelanjutan

Rencana dibuat untuk jangka waktu tertentu, misalnya sebulan, seperempat, setahun, dan seterusnya. Setelah periode berakhir, rencana baru disusun, dengan mempertimbangkan persyaratan dan kondisi organisasi saat ini dan di masa depan.

Pengambilan Keputusan

Keputusan dibuat mengenai pilihan tindakan alternatif yang dapat diambil untuk mencapai tujuan. Alternatif yang dipilih harus yang terbaik di antara semua opsi, memiliki keuntungan paling banyak dan kerugian paling sedikit.

Demikian ulasan kami mengenai pengertian perencanaan menurut ahli, yang menjelaskan juga terkait  karakteristik perencaan itu sendiri.

Semoga ulasan kami dapat membantu kamu, khususnya menambah wawasan mengenai perencanaan. Terimakasih sudah singgah dan semangat belajar terus ya!